Tuesday, April 11, 2017

pantai siung gunungkidul, sebuah panorama pantai dan keindahan tebing batu karang

Panorama Pantai Siung Jogja, Keindahan sebuah Pantai dan Panjat Tebing Batu Karang

Pantai Siung Jogja  adalah sebuah Pantai di Jogja menjadi merupakan salah satu pantai primadona yang terletak di daerah Gunungkidul Yogyakarta yaitu menyimpan berjuta keindahan alam di dalamnya. Pantai ini memang bukanlah pantai yang cukup terkenal di kalangan pantai yang terletak di kawasan Gunungkidul lainnya, namun sebenarnya pantai ini memiliki panorama alam yang sangat mempesona dan mengagumkan.
Pantai Siung yang berada di desa purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. tempatnya memang cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, untuk menempuhnya kurang lebih membutuhkan jarak 80 Km dari Pusat Kota Jogja. Atau kurang lebih 3 jam memakai kendaraan pribadi.
Ketika anda hendak berkunjung ke Pantai Siung maka perjuangan berat akan menunggu persiapkan setamina yang fit, namun semuanya akan lunas terbayarkan setelah anda sampai di kawasan Pantai Siung Ini.
Sejarah Pantai Siung Gunungkidul
Cerita yang beredar di masyarakat mengenai pantai siung Jogja ini berasal dari nama yang di diambil dari bebatuan karang yang menyerupai gigi taring monyet yang dalam bahasa jawa adalah siung monyet, maka dari itu nama Pantai ini dinamakan Pantai siung, monyet sendiri memang di pantai ini sering kali terdapat monyet berekor panjang dari dataran tinggi batu karang yang turun untuk meminta makanan.
Pantai ini mempunyai keindahan alam yang sangat luar biasa, pantainya bersih juga pasir putih yang membuat suasana pantai ini semakin menarik untuk di kunjungi sambil berlibur. Selain keindahan pantai, pengunjung juga akan di sajikan pemandangan batuan karang yang menjulang tinggi nan kokoh, batuan karang yang tinggi tersebut digunakan oleh pengelola pantai untuk wahana wisata panjat tebing batu karang yang kokoh. Cocok sekali untuk anda yang bernyali ekstra untuk merasakan wahana panjat tebing ini.
Tidak hanya satu spot untuk merasakan dahsyatnya panjat tebing tetapi di pantai ini tersedia sekitar 250 spot panjat tebing dengan tingkat kesulitan yang tentunya berbeda – beda, sehingga pantai ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai The Best Climbing Rocks Site in Yogyakarta.

Selain panjat tebing, pengunjung juga dapat berkemah di atas batu karang maupun di pinggir pantai, jika saat anda berkemah cuaca bersahabat maka anda dapat menikmati bermalam diatas gemerlapnya bintang – bintang dilangit dan juga suara gerusan air ombak menerpa batuan karang. Untuk berkemah tidak ada syarat khusus untuk itu, tetapi anda hanya di berikan pemahaman untuk tidak sembarangan mendirikan camp, seperti jangan mengokotori area pantai baik dengan sampah maupun dengan benda lainnya yang dapat merusak habitat biota laut.
Atau jika anda datang dengan banyak orang, anda dapat menyewa rumah panggung yang terbuat dari kayu, rumah panggung ini dapat menampung 10 – 15 orang didalamnya. Untuk anda yang datang seperti dengan keluarga besar, maupun teman lama alumni sekolah sangat cocok untuk menyewa rumah panggung ini sebagai tempat menginap di pinggir pantai siung ini.
Pada siang hari, anda dapat menikmati suasana pantai dengan menyewa payung besar di pinggir pantai, layaknya di pinggir pantai kelas internasional lainnya, anda tidak perlu keluar negeri untuk mendapatkannya karena anda dapat menikmatinya di pantai siung.
Selain semua yang sudah disebutkan ternyata pantai Siung juga sering di buat tempat untuk sesi foto dalam acara Pre-weding, Karena keindahan alamnya, Pantai Siung Jogja juga sering digunakan lokasi untuk pemotretan pre-wedding. Dengan perpaduan alam pantai dan juga tebing – tebing yang tinggi, foto pre-wedding anda akan sangat terlihat eksotis dan juga mempesona.

Alamat dan Akses Menuju Pantai Siung Jogja
Dari pusat Kota Yogyakarta terdapat 1 rute saja untuk menempuh tempat wisata pantai Siung, yaitu dari pusat kota menuju timur menggunakan jalan Nasional III yang mengarah ke Kabupaten Wonosari, kemudian dari Wonosari dilanjutkan menuju Kabupaten Gunung Kidul sebelah timur yang beralamat lengkap di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
Untuk menempuhnya anda dapat menggunakan kendaraan pribadi agar lebih efisien dan juga praktis, jika tidak menggunakan kendaraan pribadi anda dapat menggunakan kendaraan umum seperti bus, namun sering kali bus menyita banyak waktu anda yang terbuang, maka sebaiknya menyewa kendaraan di daerah pusat kota Yogyakarta. Anda dapat menyewa sepeda motor maupun mobil untuk menempuh tempat wisata pantai Siung.
Selain itu pantai ini juga sangat dekat dengan pantai lainnya yang berada di daerah Gunung Kidul seperti pantai Nglambor, Pantai Sepanjang, Pantai Kuwaru, pantai Wedi Ombo dan pantai Kukup
Harga Tiket Masuk Pantai
Harga tiket masuk Rp. 3.000/orang
Parkir Motor Rp. 2.000
Parkir Mobil Rp. 5.000
Dengan tiket yang sangat terjangkau ini anda dan juga keluarga bahkan teman atau pun kerabat bisa menikmati pemandangan yang sangat mempesona di Pantai Siung ini. 
Kuliner di Pantai Siung Jogja
Untuk urusan kuliner dengan menu khas Yogyakarta memang di area sekitar pantai Siung belum ada pedagang yang menjualnya, namun untuk mengisi perut yang sudah kosong setelah bersenang - senang bersama keluarga di lokasi sekitar pantai suing sudah ada warung-warung yang menjajakan berbagai menu makanan dan minuman dengan berbagai olahan yang pasti akan menggugah selera pengunjung.
Hotel / penginapan di sekitar Pantai Siung Jogja
Jika anda bersama rombongan ada rencana untuk menginap di sekitar pantai maka urungkan saja niat anda tersebut karena di sekitar pantai Siung belum ada tempat untuk menginap ataupun hotel, tetapi ada solusinya, anda bisa mendirikan tenda / kemah di area sekitar pantai atau bisa menyewa rumah panggung yang ada di kawasan pantai suing dan bisa di tempati 10 -15 orang.

1 comment: