Sunday, April 9, 2017

pantai kesirat gunungkidul, berwisata dengan spot syurganya para pemancing mania

Pantai Kesirat atau Gesirat Gunungkidul, Syurga Bagi Pemancing
Gunungkidul tidak surut surutnya menyajikan tempat yang sangat layak untuk dikunjungi, sebut saaja Pantai Kesirat, pantai ini memang terdengar cukup asing bagi sebagian orang namun akan terdengar sangat familier bagi kalangan penghobi memancing di laut. Pantai Kesirat merupakan satu dari sekian banyak area favorit yang digunakan memancing oleh para pemancing di laut lepas karena berbatasan langsung dengan laut dalam.
Pantai Kesirat merupakan salah satu pantai dengan spot pemancingan populer di sekitar panggang selain dari Pantai Bekah atau Laut Bekah. saat Menjelang sore hari banyak sekali para pemancing yang berdatangan ke pantai ini dan banyak juga yang bermalam hingga pagi hari hanya untuk melakukan pemancingan yang sangat diidam idamkan banyak para penghobi memancing.
Pantai yang sangat indah ini berada di desa Girikarto dan masih dalam kecamatan panggang, Gunungkidul. Di kabupaten Gunungkidul sendiri sangat banyak sekali pantai pantai yang mayoritas keindahannya tidak diragukan lagi, akan tetapi yang memiliki keindahan dan sekaligus tempat dengan spot untuk memancing yang pas sangat sedikit sekali, salah satunya adalah Pantai Kesirat / Gesirat, dan pantai ini merupakan Pantai yang menjadi faforit tempat memancing di kecamatan Panggang selain pantai yang di sebut di atas. 
Perjalanan untuk menuju Pantai Kesirat akan sedikit sulit karena belum ada papan nama petunjuk jalan, karena itu jangan sungkan sungkan untuk bertanya pada penduduk yang anda temui di sepanjang jalan yang anda lalui untuk bisa sampai di lokasi pantai dengan cepat dan tepat, disamping perjalanan yang berliku liku juga sesekali anda akan menemui tanjakan dan turunan bahkan ladang milik penduduk dan juga pemukiman warga.
Untuk smpai dilokasi Pantai pengunjung tidak bisa menggunakan kendaraan terutama roda empat, anda harus melewati semak belukar dan akan sampai di Pantai Kesirat yang semua kawasannya berupa tebing yang sulit untuk dituruni sampai ke dasar tebing karena terlalu curam dan berbahaya. Dibagian ujung tebing terdapat sebuah pohon yang berukuran cukup besar yang hampir sama dengan pemandangan Pantai Pok Tunggal. Pohon tersebut merupakan landmark atau daya tarik utama Pantai ini. Pohon besar tersebut cukup nyaman bila digunakan sebagai tempat berteduh dari panasnya sinar matahari.

Terdapat sekumpulan pohon pandan laut yang banyak ditemukan disekitar tebing Pantai Kesirat, akan tetapi sayangnya banyak juga bekas sisa pembakaran yang diperkirakan dilakukan sekelompok orang yang sedang memancing di kawasan ini. Karena kalau dilihat dari sisa pembakaran tersebut adalah tempat yang pas dan enak bahkan cocok untuk memancing.
Anda juga bisa mencoba menuju ke sebuah semenanjung kecil yang berada di ujung sebelah timur Pantai Kesirat. Disana anda akan menemukan bangunan tanpa atap yang terdapat tulisan kelompok nelayan Pantai Kesirat. Dari tempat tersebut pengunjung akan melihat pemandangan yang juga sangat mengasyikkan. Dari info yang di ketahui, Pantai Kesirat juga digunakan untuk menebar jala oleh nelayan setempat untuk mencari udang dan lobster di waktu sore hari. Ada juga yang menginformasikan bahwa di kawasan Pantai Kesirat terdapat goa yang berada di tebing karang laut namun akan sangat sulit untuk menemukan posisinya.
Bila dilihat lihat tekstur tebing di sekitar Pantai Gesirat cukup mengesankan, terdapat di beberapa titik ada reruntuhan tebing yang longsor akibat dari gempa yang melanda kawasan tersebut bahkan Jogja dan sekitarnya pada tahun 2006. Bongkahan batu batu yang jatuh ke laut tersebut bahkan sampai menimbulkan bunyi yang membuat hati masyarakat berdesir karena bertepatan dengan benturan ombak laut.
Pemandangan Pantai Kesirat memang unik dan berbeda sekali dengan pantai-pantai di Gunungkidul yang sangat banyak tersebut. Bentuk pantai Kesirat yang kesemuanya berupa tebing karang tinggi berbatasan dengan laut dalam atau samudera ini menjadi kawasan favorit para nelayan dan pemancing untuk mencari hasil laut. Beberapa hasil laut yang menjadi tangkapan kawasan ini seperti ikan yang berukuran besar, lobster, dan udang.

Alamat Lokasi Pantai Kesirat gunungkidul
Pantai Kesirat (Kesirat beach) atau ada yang menyebutnya Pantai Gesirat berlokasi di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, DIY. 
Rute Menuju Pantai Kesirat gunungkidul
Dari Yogyakarta –> Jalan Imogiri –> Jalan Siluk Panggang –> Jalan Panggang Paliyan hingga menemukan Pohon Beringin Raksasa di tepi jalan ada pertigaan belok ke kanan (sama dengan jalur ke Pantai Gesing) dan ikuti jalan aspal tersebut hingga melewati pasar, kandang ayam, hingga menemukan pertigaan yang menuju ke arah Pantai Gesing kemudian Ambil jalan lurus dan perhatikan sisi kiri jalan terdapat kandang ayam dan setelahnya ada masjid kemudian belok kiri melewati jalan cor semen lurus terus dan ikuti jalan jalan cor tersebut dan akan berubah menjadi jalan batu kemudian akan ada pertigaan pos kamling lurus terus saja sampai jalan cor semen lalu ada jalan bercabang setelah turunan dan tanjakan ambil kanan dan terus hingga ujung pantai setelah itu akan melewati jalan setapak dan semak belukar di kiri jalan hingga hingga anda akan melihat pohon besar pinggir tebing pantai itulah patokan  Pantai Kesirat yang sangat menentramkan hati ini.
Kuliner di Kawasan Pantai Kesirat gunungkidul
Bila anda ingin merasa nyaman dalam berwisata di Pantai Kesirat ini, Bawalah perbekalan sendiri dari rumah atau bisa membelinya di perjalanan sebelum sampai di lokasi pantai, karena di lokasi pantai Kesirat belum ada bangunan toko / warung yang menjajakan berbagai menu makanan dan minuman jadi disarankan untuk membawa perbekalan sendiri.
Penginapan dan Hotel terdekat Pantai Kesirat gunungkidul
Untuk sementara belum ada penginapan ataupun hotel untuk menginap para pengunjung, jadi bagi pengunjung yang hendak berencara menginap di lokasi Pantai Kesirat tersebut urungkan saja niat anda tersebut. Tetapi jangan khawatir mungkin sebentar lagi akan ada tempat untuk menginap didekat tempat wisata Pantai Kesirat, karena pembangunan sedang berlangsung dan khabar yang didengar bahwa pembangunan tersebut rencananya akan dibuat resort ataupun villa. Jadi sebentar lagi tidak usah jauh jauh untuk mencari penginapan atau hotel.


1 comment: