Thursday, April 20, 2017

keistimewaan Pantai Drini Gunungkidul, panorama keindahan sebuah Pantai

Panorama Pantai Drini Jogja, Keindahan sebuah Pantai di Gunungkidul

Tidak salah bila dikatakan Daerah Istimewa Yogyakarta karena wilayah ini merupakan tempat yang selalu membuat para wisatawan ingin kembali dan kembali lagi ke sana. Pasalnya, sebagai daerah yang kaya akan budaya, Yogyakarta juga memiliki banyak pantai indah yang tersembunyi.
Gunungkidul adalah satu dari sekian banyak daerah dengan lokasi yang menyimpan banyak pantai tersembunyi yang mayoritas eksotis. Hingga saat ini Gunungkidul adalah lokasi wisata faforit bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan di pantai bersama keluarga terdekat. Salah satu pantai menarik yang terdapat di Gunungkidul adalah Pantai Drini. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat mengesankan, bagaimana tidak, selain pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dan pasir putih disepanjang pesisir pantai juga dapat menikmati bentangan sebuah gundukan yang menyerupai gunung yang dapat menahan gempuran ombak yang sangat besar. walaupun pantai ini tidak setenar dibanding dengan pantai yang sudah terlebih dahulu dikenal para pecinta petualangan, namun pantai ini tidak kalah dengan pantai pantai yang berlokasi di gunungkidul dari segi keindahan dan kenyamanannya.
Keistimewaan Pantai Drini

Pantai Drini adalah salah satu pantai istimewa di kalangan pantai di Gunungkidul karena pantai ini memiliki sebuah pulau kecil di tengah-tengah pantai. Adanya pulau ini membagi Pantai Drini menjadi dua bagian, yaitu sisi timur pantai yang lebih tenang dan sisi barat pantai yang lebih garang dan ekstrim. Hal ini membuat Pantai Drini seolah berkepribadian ganda.
Di sisi timur pantai terdapat barisan tebing yang berdiri kokoh bak benteng yang menghalangi ombak dipadukan dengan keistimewaan pulau karang yang membentuk seperti laguna alami nan indah. Kokohnya batu karang yang menjulang membuat perairan di sisi timur ini debit airnya lebih tenang sehingga memungkinkan bagi pengunjung untuk berenang dan mandi di laut asin yang ketat.
Sedangkan di sisi barat pengunjung dapat melihat jajaran perahu yang mau berangkat atau pulang dari berlayar mencari ikan. Perahu-perahu tersebut adalah perahu para nelayan yang semalam telah berlayar mencai ikan di laut. Di sisi barat ini ombak jauh lebih besar dan menjadi jalur bagi para nelayan untuk melaut. Saat siang, pengunjung dapat menikmati pemandangan nelayan yang sedang menebar jaring ke laut.

Di bagian tengah pantai yang merupakan jalur menuju Pulau Drini terdapat kumpulan pasir berwarna hitam yang diameternya sangat halus dipadukan dengan putihnya pasir pantai. Menurut beberapa penelitian, pasir hitam ini adalah pasir dari sungai bawah tanah yang bermuara di Pantai Drini.
Pulau ini banyak ditumbuhi oleh santigi (Pemphis acidula), masyarakat lokal biasa menyebut tumbuhan ini Drini. Alhasil Pantai ini diberi nama Pantai Drini. Saat air pantai mulai surut pengunjung dapat bersantai dan berjalan-jalan menyusuri pantai ke arah pulau kemudian menaiki tangga untuk sampai diatas tebing pulau. Dari ketinggian tebing tersebut wisatawan bisa melihat pemandangan keseluruhan penjuru dari pantai ini. Namun sayang, saat ini tumbuhan Drini sudah jarang lagi ditemui di sana.
Lokasi Pantai Drini Gunungkidul
Pantai Drini berlokasi di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Jogja. Lokasi Pantai Drini tepat berada di sisi timur Pantai Baron. Jika dari pusat kota Yogyakarta, jarak yang perlu Anda tempuh untuk sampai ke Pantai Drini adalah sekitar 60 km dengan lama waktu perjalanan 2 sampai 3 jam.
Akses Menuju Pantai Drini Gunungkidul
Bagi Anda yang berada di luar Daerah Istimewa Yogyakarta (D.I.Y). bisa menggunakan jalur darat dengan kereta api ataupun memakai kendaraan pribadi.
Dari pusat kota yogyakarta Anda dapat mengambil rute Yogyakarta – Wonosari. Setelah sampai di Wonosari ambil jalur menuju Mulo. Kemudian dari pertigaan Mulo Anda cukup jalan lurus saja menuju ke arah Pantai Baron. Kira-kira 1 km sebelum Pantai Baron akan ada pertigaan. Ambil lajur kiri menuju ke arah Pantai Drini.
Disarankan bagi Anda jika dari luar kota, sebaiknya menyewa mobil atau menyewa motor karena tidak ada transportasi umum yang mampu menjangkau pantai Drini. Yang ada hanya bus dari jurusan Yogyakarta – Wonosari. Dengen menyewa mobil atau motor Anda juga bisa melakukan perjalanan yang jauh lebih nyaman.
Kuliner di Pantai Drini Gunungkidul

Saat perut sudah mulai terasa lapar, Anda bisa membeli makanan di warung-warung yang berdiri di tepi pantai ini. Makanan yang disediakan biasanya berupa aneka olahan seafood dengan harga yang relatif terjangkau untuk semua kalangan. Ada juga tempat khusus bagi Anda yang ingin mengolah seafood sendiri.
Karena pantai ini terbilang masih alami, ada baiknya bila Anda untuk ikut menjaga kebersihannya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Lebih bagus lagi jika Anda membawa kantong plastik sendiri khusus untuk membuang sampah.
Anda bisa berjalan menyusuri sisi timur pantai untuk melihat akuarium laut dengan koleksi beragam biota laut yang indah. Beberapa spesies ikan yang bisa Anda temui di sini adalah Goby Pasir, Jambrong, dan Sergeant Major yang saling berkejaran, dan bersembunyi di sela-sela terumbu karang.
Karena ombak yang relatif tenang, di sisi timur pantai ini Anda juga bisa menikmati mandi air laut hangat atau berenang bersama kawan dan kerabat tercinta. Pasti mengasyikkan berenang di laut sambil manatap langit biru yang luas.
Bagi Anda yang tidak ingin berenang, bisa menikmati gulungan ombak dan birunya langit sambil berteduh di gazebo yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Duduk-duduk di bawah gazebo sambil menikmati birunya langit dan minum es kelapa muda adalah cara refreshing yang sulit didapatkan di tempat lain. Untuk dapat menggunakan gazebo ini Anda hanya harus membayar biaya sewa sebesar 10.000 Rupiah.
Salah satu pemandangan menakjubkan yang sayang dilewatkan dari Pantai Drini adalah sunrise, atau matahari terbit. Di Pantai Drini bahkan disediakan gardu khusus bagi para wisatawan yang ingin menikmati matahari terbit. Untuk melihat pemandangan langka ini Anda disarankan untuk bermalam. Ada beberapa pilihan penginapan yang dapat anda gunakan untuk tempat bermalam.

2 comments: