Monday, April 10, 2017

Pantai Jogan sekaligus Air Terjun Jogan, eksotisme Pantai Gunungkidul

Air Terjun Pantai Jogan, berwisata satu tempat mendapat dua pengalaman sekaligus

Begitu banyak Pantai yang semuanya indah dikota pelajar (Yogyakarta) salah satunya adalah pantai Jogan, pantai ini merupakan satu pantai bertipe tebing yang cukup tinggi dan airnya langsung tembus ke laut lepas, sama halnya dengan pantai lain yang berada di daerah gunung kidul. Namun pantai ini memiliki satu keistimewaan tersendiri yaitu berupa air terjun di bibir pantai yang tingginya kurang lebih 12 meter.
Air Terjun Pantai Jogan Tepus Gunung Kidul ini langsung jatuh dan menghampiri ombak laut. Sungguh pemandangan yang sangat langka dan unik. Sebenarnya air terjun itu berasal dari sungai kecil yang mengalir dari atasnya membuat rasa airnya tawar.
Jika pengunjung ingin menikmati guyuran air terjun langsung dari atas maka harus siap turun ke bawah yaitu dengan dua pilihan cara, bisa melalui tehnik canyoning atau rappeling di air terjun. Cara ini tentu membutuhkan keberanian dan kemahiran serta harus memakai peralata agar bisa melakukannya. Dapat juga dengan cara menapaki turunan yang basah dan tentunya licin. pasti menyeramkan tetapi tenang saja, untuk itu disediakan kayu-kayu pegangan untuk menopang tubuh anda. Meski begitu, harus tetap hati-hati.
Terdapat satu lagi tantangan, anda harus melewati karang yang dihuni oleh ribuan kepiting kecil berukuran sekitar 5 mm yang berwarna transparan. Berjalan dengan kaki telanjang tentu menjadi perkara yang gak mudah. Biasanya warga sekitar biasa memanfaatkan kepiting tadi untuk diolah, tentu sangat pas bila dimakan sama nasi pada waktu musim hujan. terkadang juga banyak kupu-kupu yang berkerumun di bebatuan kering maka nikmatilah pesona Pantai Jogan yang sangat mempesona indah.
Lebih nikmat dari itu semua wisatawan juga dapat melihat laut lepas ke Samudera Hindia, menyaksikan Poseidon yang melempar gulungan ombak yang sangat besar, sementara di belakang anda ada suara percikan air terjun yang seakan menambah suasana menjadi romantis. Kelembutan suara percikan air disaat kaki-kaki menjamah kerasnya bebatuan karang, pada saat senja anda pun juga dapat menikmati keindahan ungunya langit.

Pantai Jogan mempunyai ciri khas unik yang tidak dimiliki wisata pantai Gunungkidul lainnya. Dengan air terjun Jogan yang bersumber dari air tawar (sungai) di antara perbukitan karst yang mengalir ke laut. Pantai Jogan hampir tidak ada pasir pantai yang berguna untuk membatasi wilayah daratan dan laut (pesisir). karena itulah laut nya berbatasan langsung dengan tebing.
Jika air laut sedang surut, wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun dari bawah di antara bebatuan yang ada sedikit pasir. Namun jika air laut pasang, tempat jatuhnya air terjun ikut terendam air laut. Di sisi kanan dan kiri ada tumbuhan pandan yang tepat berada di atas tebing karang. Memanjang dan jaraknya tidak terlalu tinggi dari permukaan air laut. Dari atas tebing inilah pengunjung dapat menikmati keindahan Jogan Waterfall.
Bila sudah sampai di Pos Retribusi Pantai Siung, itu pertanda lokasi Pantai Jogan Jogja sudah dekat, sebab, sekitar 400 meter dari pos itu, akan terlihat papan nama penunjuk arah menuju pantai Jogan. Mula mula anda akan menjumpai Jalan aspal lalu akan berganti menjadi jalan setapak itu lah yang akan memandu perjalanan anda. Akan terlihat asyik lagi, bila anda sudah melihat pemandangan dua sungai kecil di sisi kiri yang nantinya akan menyatu dan menjelma menjadi sungai yang agak besar kemudian menjadi air terjun. Bila musim hujan, akan lebih eksotis pemandanganya. Karena pada saat kemarau debit airnya sangat kecil, belum ditambah lagi dengan aktivitas penyedotan air untuk keperluan warga.
Jarak dari Kota Wonosari Gunungkidul menuju ke pantai Jogan sebenarnya tidak terlalu jauh, kalau anda mengikuti jalur utama atau dimulai dari Wonosari langsung ke arah selatan, sampai pertigaan Mulo ambil jalan arah kiri menuju pantai Siung dan kemudian Pantai Jogan yang jaraknya kurang dari 40 km.
Namun demikian waktu perjalanan bisa lebih lama karena jalan menuju ke pantai ini banyak sekali tikungannya, dan akan mengikuti kontur tanah perbukitan di Gunung Kidul. Anda harus berhati-hati kalau mau berwisata ke Pantai Jogan.

Pantai Jogan adalah bak penawar dahaga, laksana oase di luasnya hamparan pantai pasir putih Gunungkidul. Juga seperti garnishes di piring yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Pantai yang amat cocok untuk anda yang ingin merasakan sensasi dari surga pesisir selatan Jogja. Dan untuk warung baru ada satu, tempat parkiran motor juga sangat kecil.
Pilihan alternatif wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul paling pas adalah kawasan pantai Jogan. Selain karena pemandanganya yang indah, air terjun yang berbatasan langsung dengan laut sangat jarang ditemui di tempat lain. Lokasi Pantai Jogan dekat atau satu jalur dengan Pantai Nglambor dan Pantai Siung (kira-kira 200 meter arah Barat Pantai Siung), setelah melewati TPR akan menemuii pertigaan, arah lurus menuju Pantai Siung.
Alamat Lokasi Pantai Jogan Gunungkidul
Lokasi Pantai Jogan Jogja berada di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi Pantai ini di sebelah Barat Pantai Nglambor dan Pantai Siung atau di sebelah Timur nya Pantai Timang.
Rute Menuju Pantai Jogan Gunungkidul
Rute Pantai Jogan bila ditempuh dari Solo yaitu dari Praci –> Kecamatan Rongkop/Baran –> Nglindur –> Pertigaan sebelum Pasar Ngrancah (ada Tugu ditengahnya) belok kanan lalu Pasar Jepitu terus saja sampai pertigaan Winangun kemudian belok kiri arah Pantai Jogan – Pos retribusi masuk pantai Jogan, Nglambor, Siung – ikuti jalan kemudian belok kanan – Pantai Jogan.
Rute menuju Pantai Jogan Baleharjo Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu dari Yogyakarta -> Wonosari -> jl.Baron -> ambil arah Tepus, sampai di Tepus (ambil arah ke pantai siung) -> Purwodadi -> Winangun -> Pantai Jogan.
Kuliner di Area Pantai Jogan Gunungkidul
Bagi pengunjung yang sudah merasa kelaparan setelah sekian lama menikmati pemandangan indah yang dimiliki pantai Jogan, maka jangan khawatir di dekat lokasi Pantai Jogan sudah terdapat warung yang menyajikan berbagai minuman dan makanan ringan, kalau Cuma untuk melepas dahaga boleh jadi lah. Walaupun masih dibilang sangat minim dengan fasilitas tetapi pesonanya sangat mengesankan sekali.