Saturday, April 8, 2017

pantai Nglambor gunungkidul, eksotisme ber-snorkeling diantara kura-kura raksasa

Pantai Nglambor, Ber-Snorkeling Di Antara Dua Kura-Kura Raksasa

Hampir sama dengan kebanyakan pantai pantai yang ada di gunungkidul pada umumnya, tetapi aktifitas di Pantai Nglambor sedikit berbeda dengan pantai lainya, di pantai ini para pengunjung bisa berenang dan juga bisa menjajal aktivitas snorkeling. Bermodalkan snorkel, pengunuung bisa melihat indahnya alam di bawah laut. Tidak usah takut terhempas ombak ganas, sebab jauh di depan ada dua pulau karang berbentuk kura-kura raksasa yang siap menjadi pelindung.
Pantai-pantai di laut Selatan Yogyakarta memang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia yang notabennya berombak ganas. Namun tidak berarti semuanya tidak bisa digunakan untuk berenang. Di Pantai Nglambor ini terdapat pelindung yang berupa pulau karang, sehingga ombak di pantai tersebut cukup tenang dan aman untuk berenang. Tidak hanya itu, jika kamu berkunjung ke pantai ini kamu bisa melihat kehidupan alam bawah lautnya dengan cara melakukan snorkeling. Pantai yang sangat indah ini adalah Pantai yang terdapat di gunung kidul sebut saja Pantai Nglambor.
Sejarah Pantai Nglambor gunungkidul
Pantai yang diantara Pantai Siung dan Pantai Jogan ini dulunya merupakan pantai yang sangat sepi. Pantainya yang tidak terlalu luas dan aksesnya yang cukup sulit membuat wisatan males untuk berwisata ke tempat tersebut. Hanya keluarga Mbah Tukiyem dan Mbak Kartomo (suami istri) saja yang mendiami Pantai ini. Alasan mereka tinggal di kawasan pantai ini adalah untuk menjaga ternaknya serta menghalau monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) yang sering keluar dari persembunyian dan merusak serta memakan hasil ladang.

Saat wisata pantai di pesisir Gunungkidul mulai melejit, Pantai Nglambor tetaplah sepi. Hingga akhirnya ada sekelompok orang yang menyadari potensi wisata besar pantai ini yang tidak dimiliki pantai-pantai lain, yakni snorkeling. Pantai Nglambor memang tidak seluas Pantai Sepanjang atau seindah Pantai Indyaranti, namun pantai ini memiliki keunikan yaitu bisa digunakan untuk snorkeling. Kondisi perairan di pantai yang menyerupai cekungan ini terbilang aman untuk berenang dan snorkeling karena ada dua bukit karang yang terletak di tengah laut. Bukit karang yang bentuknya menyerupai kura-kura raksasa itu berfungsi sebagai pemecah ombak dan menahan gelombang. Sehingga ombak yang sampai ke pantai sudah tidak besar lagi dan cenderung sudah tenang.
Ombak yang pelan menjadikan biota laut dan terumbu karang tumbuh dengan subur. Air di pantai ini pun jernih, sehingga kamu bisa melihat hingga ke dasar laut. Kombinasi itu lantas menjadikan Pantai Nglambor cocok digunakan sebagai lokasi snorkeling. Ketika kelompok Nglambor Bintang Snorkeling mulai mempromosikan wisata ini, Nglambor pun mulai dikenal wisatawan dan kini berkembang menjadi salah satu destinasi wisata bahari favorit di Gunungkidul.
Meski sudah ramai dikunjungi wisatawan, kondisi Pantai Nglambor masih alami dan bersih. Untuk mencapai bibir pantai kamu harus berjalan melewati ladang kacang dan deretan pohon pandan laut. Kendaraanmu tidak bisa parkir di bibir pantai sebab lokasinya cukup sempit. pengunjung harus berjalan kaki lebih dulu atau naik ojek dari tempat parkir. Garis pantai di sini tidak begitu luas, sehingga tidak cocok digunakan untuk bermain voli pantai atau berjemur. Pasirnya juga sedikit berbeda, tidak halus seperti pasir hitam melainkan sedikit kasar. Hal ini dikarenakan pasir Pantai Nglambor terbentuk dari pecahan cangkang biota laut dan karang yang tergerus ombak terus-menerus.
Di Pantai Nglambor pengunjung bisa memuaskan keinginannya untuk bermain air, seperti mandi, berenang, hingga bisa melakukan snorkeling. Kalau tidak ingin basah-basahan, pengunjung bisa malakukan aktifitas lain seperti mencari kulit kerang dan batu halus yang berwarna-warni, atau melompat dari satu gugusan karang ke gugusan lainnya, atau trekking mendaki bukit-bukit karang yang memeluk pantai ini. Ombak yang tenang dan air laut yang jernih membuat anda bisa melihat karang, rumput laut, ikan warna-warni yang berkeliaran, serta beraneka biota penghuni laut dari permukaan. Berada di Nglambor akan membuat pengunjung melakukan sensasi perjalanan wisata pantai yang sangat mengesankan.

Aktifitas di Lokasi Pantai Nglambor
Snorkeling
Snorkeling adalah magnet utama dari Pantai Nglambor. anda bisa memulainya dengan berenang ke tengah dimana air semakin dalam sehingga asyik untuk snorkeling. Rasakanlah dan lihatlah sensasi menyelami kehidupan bawah laut. Anda bisa melihat aneka ikan kecil warna-warni yang berenang mundar-mandir, terumbu karang, juga biota laut lainnya. Sebisa mungkin kaki dan tangannya tidak bertumpu pada terumbu karang tersebut karena bisa merusak keberadaannya. Ombak yang mengalun pelan akan memberikan sensasi tersendiri. Meskipun asyik snorkeling, ingat selalu untuk tidak berenang hingga melewati batas aman. Ikutilah instruksi guide supaya aktivitas berenang dan snorkelingmu aman.
Foto Underwater
Tak lengkap rasanya jika aktifitas snorkeling di Pantai Nglambor tetapi tidak sekalian bergaya di kamera. Mumpung sudah berada di kedalaman laut, jangan lupa untuk mengabadikan momen. Kamu bisa bergaya di bawah permukaan air dengan beragam pose suka-suka anda. Jangan khawatir soal kamera, karena foto Underwater sudah otomatis satu paket dengan Snorkeling.
Trekking 
Keberadaan Pantai Nglambor diapit oleh bukit dan tebing-tebing karang. Setelah selesai bermain snorkeling, anda bisa melanjutkan eksplorasi dengan mendaki bukit-bukit tersebut. Dari ketinggian bukit, bentuk dua kura-kura dari pulau karang yang ada di laut akan terlihat semakin jelas. Anda-pun bisa menyaksikan Pantai Nglambor dari ujung sampai ujung yang lain. Tak hanya itu, rentetan pantai-pantai lain pun bisa terlihat dari bukit ini dan anda juga bisa menikmati sunset yang sangat mempesona.
Alamat Lokasi Pantai Nglambor
Pantai Nglambor berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. 
Rute Menuju Pantai Nglambor
Pantai ini diapit oleh Pantai Siung dan Pantai Jogan, sehingga pos retribusinya menjadi satu dengan Pantai Siung.
Dari Yogyakarta Pantai Nglambor bisa ditempuh sekitar 2 – 3 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Untuk mencapai pantai ini pengunjung bisa menyusuri jalan menuju Pantai Siung. Setelah melewati pos retribusi, pengunjung akan bertemu dengan pertigaan. Di pertigaan tersebut beloklah ke kanan dan menyusuri jalan makadam. Pantai Nglambor berada di ujung jalan tersebut. Kondisi jalannya tidak terlalu lebar sehingga bus pariwisata tidak bisa masuk. Mobil pun tidak bisa sampai ke bibir Pantai Nglambor. yang perlu dilakukan adalah jalan kaki sebentar atau naik ojek untuk mencapai Pantai Nglambor ini.
Harga Tiket dan Sewa Alat
Tiket masuk: Rp 5.000 / orang (menjadi satu dengan retribusi Pantai Siung)
Jasa Ojek: Rp 5.000
Sewa alat snorkel: Rp 35.000 – Rp 50.000
Paket snorkeling BNS: Rp 50.000 (fasilitas meliputi masker, snorkel, sepatu karet, pelampung, guide, foto underwater, welcome drink, mushola, ruang ganti dan tempat penitipan barang.
Kuliner di Pantai Nglambor
Pengunjung tidak usah khawatir masalah urusan perut, karena di tempat ini sudah banyak menu makanan yang dijajakan pedagang yang mengais rejeki dengan berdagang di tempat tempat yang ramai seperti Pantai Nglambor tersebut. Kalau anda sudah merasa haus ataupun lapar setelah beraktifitas di pantai silahkan mencari makanan sesuai selera anda. Di area lokasi pantai sudah banyak pedagang yang menawarkan berbagai menu makanan dan minuman yang pasti sesuai kantong anda. 

3 comments: