Thursday, January 12, 2017

Telaga Cebong, danau eksotis di dataran tinggi Dieng Wonosobo

Hamparan Telaga Cebong Wonosobo
Saat berada di Wonosobo tidak lengkap bila tidak merasakan dataran tinggi puncak Dieng atau Dieng Plateau, dan bila berada di Dieng Plateau tidak sempurna apabila tidak mengunjungi Telaga Cebong, Tempat Wisata Alam Telaga Cebong ini terletak di desa Sembungan. Telaga Cebong merupakan tempat wisata andalan dataran Tinggi Dieng yang saat ini sudah banyak para pelancong dari berbagai pelosok yang datang ke tempat ini untuk menikmati pemandangan yang disuguhkan Telaga Cebong ini, dan pemandangan yang pasti ditunggu oleh wisatawan adalah Sunrise yang ada di puncak yang letaknya tidk jauh dari lokasi Telaga Cebong dan pemandangan seperti ini juga sangat di kenal dengan sebutan Golden Sunrise Sikunir, dari puncak yang berada di dekat Telaga Cebong ini para wisatawan bisa melihat gunung gunung tinggi yang saling berjejeran.

Berada di lokasi tempat wisata yang notabennya berupa telaga dengan penduduk sekitar yang sangat ramah pasti sangat menyenangkan ditambah dengan pemandangan yang masih asri dan mempesona, selain itu sesekali di sekitar Telaga akan diselimuti kabut tipis membuat sejuk suasana dan akan terlihat indah bila dilihat dari Puncak Sikunir. Ditambah keramahan dan kehangatan penduduk desa yang akan di rasakan para wisatawan akan menambah betah berwisata ke Telaga Cebong. Keindahan alam dan udara sejuk yang dipadu keramahan dan kehangatan penduduk Desa Sembungan inilah yang membuatnya tak pernah sepi dari wisatawan.
Tempat Wisata Telaga Cebong Dieng
Saat anda berada di kawasan puncak Dieng tidak sempurna rasanya kalau anda tidak mengunjungi tempat wisata yang sangat mempesona yang letaknya tidak jauh dari bukit. Tidak lain adalah Telaga Cebong. Nama Telaga Cebong diberikan karena telaga ini jika dilihat dari atas puncak yang disebut Puncak Sikunir terlihat seperti cebong atau berudu. Sebelum mendaki Bukit Sikunir Anda pasti akan langsung berjumpa dengan Telaga Cebong yang indah dan jernih ini. Anda bisa menikmati indahnya pemandangan telaga Cebong dengan cara menyusuri tepinya. Atau Anda juga bisa dengan cara menyewa sampan yang di sediakan penduduk desa agar keindahannya lebih tereksplore. 

Memandang Deretan Gunung-Gunung Tinggi Di Pulau Jawa
Lanskap deretan beberapa gunung tinggi di Pulau Jawa juga menjadi salah satu spot yang diburu pengunjung, terutama dari kalangan pecinta fotografi. Dari Telaga Cebong  pengunjung bisa memandang Gunung Sindoro yang berselimut kabut tipis berdampingan dengan Gunung Kembang dan Gunung Sumbing. Tidak jauh dari ketiga gunung itu akan terlihat Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Gunung Ungaran yang menjulang tinggi. Penampakan gunung-gunung ini akan lebih indah saat matahari berada di atasnya saat pagi hari.
Hamparan Lahan Pertanian Dan Kearifan Lokal Desa Sembungan
Kawasan Telaga Cebong juga terkenal dengan hamparan lahan-lahan pertanian penduduk Desa Sembungan. Lahan-lahan pertanian yang didominasi oleh tanaman kentang dan carica (tanaman khas Dieng menyerupai pepaya) tersebut menghiasi kaki dan lereng puncak yang di dekat Telaga Cebong. Para pengunjung bisa menjadikan lahan-lahan pertanian penduduk tersebut yang berjenjang rapi sebagai obyek foto yang menarik. Pemukiman penduduk dengan ciri khas bangunan pegunungan tinggi juga sangat menawan untuk di pandang. Keramahan dan kehangatan yang dimiliki penduduk Desa Sembungan tempat Telaga Cebong berada akan melengkapi wisata Anda kali ini di dataran Tinggi Dieng. Kesan bersahabat yang disuguhkan penduduk Desa Sembungan membuat pengunjung betah berlama-lama dan untuk bercengkrama dengan mereka. Penduduk desa yang umumnya berprofesi sebagai petani ini dengan ramah akan menyapa Anda. Tidak jarang ajakan untuk mampir akan sering Anda dengar dari mereka.
Sapalah petani-petani Dieng yang sedang bekerja jika Anda melewati lahan-lahan pertanian penduduk. Mereka akan dengan senang hati menyambut Anda. Anda juga akan bertemu dengan petani Desa Sembungan yang menjual kentang di jalan-jalan desa. Sungguh kearifan lokal yang akan membuat Anda akan selalu merindukan perjalanan ke Telaga Cebong.

Obyek wisata lain yang lokasinya juga dekat dengan Telaga Cebong adalah Curug atau Air Terjun Sikarim. Perbincangan tentang keindahan air terjun setinggi 24 meter ini mulai tersebar dikalangan wisatawan. Namun begitu, belum banyak orang yang mendatanginya karena akses menuju air terjun cukup sulit. Namun, bagi Anda yang tertarik jangan khawatir. Anda bisa menyewa jasa guide lokal untuk memandu Anda ke Air Terjun Sikarim. Dengan berbekal pengalaman dan profesionalisme, guide lokal yang lebih mengetahui tentang akses menuju air terjun akan membantu Anda.
Letak Dan Lokasi Telaga Cebong Dieng
Wisata Telaga Cebong berada di desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.
Desa Sembungan sendiri merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa.
Jalur Akses Dan Tiket Masuk Ke Dieng
Jalur akses dan rute perjalanan menuju Desa Sembungan tempat Telaga Cebong berada cukup mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan seperti angkot atau ojek. Jarak dari kota Wonosobo (star di Alun-alun Wonosobo) ke Dieng memakan waktu sekitar 50 menit dengan kendaraan.
Dari Dataran Tinggi Dieng ambil jalur ke arah Desa sembungan yang berjarak sekitar 4 km. Jalan ke Desa Sembungan memang agak menanjak dan berkelok-kelok. Jadi Anda perlu berhati-hati saat berkendara. Setelah 15 menit perjalanan dengan kendaraan Anda akan berjumpa dengan gerbang masuk desa yang mirip candi dengan tulisan “Welcome to SEMBUNGAN VILLAGE”. Memasuki Desa Sembungan Anda akan disuguhi pemandangan Telaga Cebong dan rumah-rumah penduduk dengan mesjid-mesjid berkubah tinggi yang menarik. Di dekat wisata alam Telaga Cebong terdapat area parkiran yang cukup luas untuk para pengunjung memarkirkan kendaraannya.
Penginapan/Homestay Dekat Telaga Cebong Dieng
Ketika anda ingin menginap maka jangan khawatir anda bisa melakukan alternatifnya sebagai berikut: Alternatif pertama adalah camping di kawasan Telaga Cebong. Cukup jarang yang menggunakan alternatif ini mengingat suhu udara Desa Sembungan yang sangat dingin. Tidur di tenda di suhu udara yang pada musim kemarau bisa minus akan membuat Anda kedinginan bahkan hipotermia. Alternatif kedua adalah menginap di Desa Sembungan. Anda bisa menyewa rumah-rumah penduduk untuk beristirahat sebelum mendaki karena jarak Telaga Cebong dari Desa Sembungan sangat dekat. Anda cukup beristirahat dengan tenang dan nyaman.

No comments:

Post a Comment