Saturday, January 14, 2017

Kawah Wurung di Bondowoso yang Eksotisme

Penelusuran ke Kawah Wurung Bondowoso Jawa Timur
Siapa yang tidak mengakui keindahan negara Indonesia, Negara ini memang mempunyai tempat yang sangat nyaman dengan pemandangan yang istimewa dan mempesona, makanya banyak wisatawan dari luar negeri yang datang ke Indonesia hanya untuk kenikmati keindahan alam yang di miliki tanah Indonesia ini. Dan oleh karena itu Indonesia sangat layak di jadikan sebagai destinasi kunjungan wisata yang sangat luar biasa, terbukti pesona alam dan keindahan yang di sajikan Negara Indonesia ini mampu menarik wisatawan asing untuk berbondong bonding datang ke Indonesia.

Di sini kita menengok tempat wisata yang terdapat di jawa timur, di daerah yang berada di wilayah bagian timur dari pulau jawa ini memang banyak memiliki tempat wisata yang tidak bisa di anggap remeh, karena semuanya memiliki pemandangan yang luar biasa indah, salah satunya adalah Kawah Wurung. Bagi anda yang berada di wilayah jawa timur maka sempatkan lah untuk berkunjung ke tempat wisata kawah Wurung ini, Kawah Wurung ini berada di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, kabupaten Bondowoso. Kawah Wurung merupakan sebuah wisata yang belum lama dibuka untuk masyarakat luas dan belum juga di promosikan oleh pemerintah setempat untuk dijadikan sebuah tempat untuk berwisata, namun demikian keindahan alam yang tawarkannya sungguh luar biasa, nama wisata Kawah Wurung ini mulai menonjol dan dikenal oleh para wisatawan lokal dan mancanegara.
Area Kawah Wurung merupakan kawasan perbukitan yang ditumbuhi dengan rumput hijau yang sangat indah dan juga sangat mempesona. Mungkin bagi pengunjung yang datang berwisata disini akan teringat bagaimana indah suasana perbukitan yang khas dari film teletubies. Lokasi Kawah Wurung yang sedikit dekat dengan kawah ijen juga menjadi salah satu keuntungan bagi para wisatawan, karena pengunjung bisa mengunjungi dua (2) tempat wisata sekaligus dalam sehari yang keduanya memiliki pemandangan sangat istimewa dan menawan. Begitu anda mencoba menyusuri lokasi wisata ini, maka selama perjalanan pun anda sudah melihat keindahan panorama alam yang menakjubkan berupa perkebunan serta hutan-hutan pinus seperti halnya di film film Hollywood. Hawa sejuk dan dingin menambah suasana alam sekitar menjadi tentram karena posisinya berada di ketinggian 1500 mdpl, lokasi cukup tinggi untuk merasakan hawa sejuk ditambah nuansa pepohonan yang masih banyak dijumpai.

Kawah Wurung juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi bagi anda yang suka dengan olehraga off road, tempatnya yang cukup luas dan juga pemandangan yang menawan menjadi poin plus bagi anda untuk melaksanakan kegiatan-kegitan alam terbuka semacam demikian. beberapa waktu silam lokasi ini juga dijajaki sebagai lokasi untuk berlatih paralayang dan olahraga-olahraga yang ekstrim yaitu gantole. Bagi anda yang berkunjung jangan lupa untuk membawa kamera dan mengabadikannya dengan kamera anda, sebab lokasinya yang mempesona bisa menjadi obyek mengagumkan dalam album foto milik anda. dan jangan lupa untuk berkunjung ke bukit Cincin yang juga termasuk dalam areal tersebut. bukit cincin merupakan sebuah kubangan besar dan kering yang berwarna hijau karena rumput yang tumbuh. Bentuknya seperti kaldera besar yang sangat menawan dan juga akan sedap dipandang mata .
lokasi dan alamat kawah wurung
wisata kawah wurung ini beralamat di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, kabupaten Bondowoso. berikut titik GPS dan juga peta @-8.0635817,114.1656739
rute jalan menuju kawah wurung
Jika anda bernagkat dari Banyuwangi ikuti jalur menuju kawah ijen , setelah melewati air terjun kali pahit sekitar 2 km ada penunjuk dengan plang kecil bertuliskan yang menunjukkan jalan menuju kawah wurung , maka kalian harus berbelok ke kiri tinggal ikuti arah saja , jangan takut tersesat karena sudah banyak penunjuk arah dan akhirnya sampai. Jalur banyuwangi sudah dikelola masyarakat sekitar dengan tiket masuk 5 ribu / orang.
Dan Jika anda berangkat dari Bondowoso , maka anda cukup ikuti jalan menuju Kawah Ijen. Tiba di kawasan sempol kalian harus ambil jalur menuju jampit . Berbeda dari arah Banyuwangi jika Dari sempol penunjuk arah sangat minim dikarenakan belum ada pengelolaan yang resmi . Alangkah baiknya anda bertaya kepada kepada penduduk sekitar karena sudah pasti penduduk yang ada di sekitar sini akan menunjukkan arah yang bnar dan juga mereka cukup ramah
harga tiket masuk kawah wurung
untuk menikmati keindahan dan ke eksotisan yang dimiliki kawah yang hijau ini maka anda hanya cukup membayar Rp 5.000 saja per orangnya , cukup murah bukan ? bahkan biaya tersebut ternyata juga dikelola oleh warga setempat untuk menjaga dan merawat kawah wurung ini , sehingga biaya tersebut sangat berguna bagi pengembangan tempat wisata di bondowoso ini

kuliner yang ada di kawah wurung
belum ada warung ataupun pedagang yang berada di sekitar kawah wurung karena tempat ini merupakan sebuah bukit pegunungan , namun jika anda ingin menikmati makanan di atas puncak kawah wurung ini maka anda pun bisa membawa bekal sendiri dari rumah tentunya , maka anda bisa bersantai di puncak dengan menikmati makanan yang telah anda bawa , namun anda harus membawa kembali sampah bekas yang sebelumnya digunakan untuk membungkus makanan / sisa sia dari makanan karena sebagai wisatawan yang baik anda pun harus selalu menjaga kebersihan dimanapun dan kapanpun , supaya tempat wisata yang ada di Indonesia ini tetap indah tanpa sampah
hotel terdekat kawah wurung
Berwisata di sekitar lokasi Kawah Wurung serta Ijen mungkin tidak cukup hanya dengan satu hari saja, oleh sebab itu anda disarankan untuk sebaiknya menginap di beberapa penginapan yang tersedia di sana . Bagi anda yang memilih untuk lebih dekat ke Kawah Wurung mungkin bisa memilih untuk menginap di Catimor Blawan , Arabica di Kalisat , dan Jampit Guest House yang terletak di Jampit. Namun bagi anda yang ingin lebih dekat ke lokasi Kawah Ijen, maka penginapan yang bisa anda pilih adalah di Palitudin g, di sana ternyata juga ada sebuah penginapan yang dikelola langsung oleh Perhutani.

1 comment: