Friday, January 6, 2017

Sumur Jalatunda, wisata istimewa tapi penuh misteri

Sumur Jalatunda, Wisata Penuh Misteri di Dieng
Ketika kita berada di sekitar Wonosobo rasanya tidak sempurna kalo tidak mengunjungi tempat wisata Dieng Wonsosbo, di puncak Dieng mempunyai beberapa tempat yang bisa membuat anda terkesima dan akan terkagum kagum melihat pemandangannya. Puncak Dieng atau sering di sebut Dieng Plateau adalah lokasi dengan hawa yang sangat sejuk dan dingin disana terdapat beberapa tempat yang di jadikan wisata faforit oleh pecintanya dan orang orang yang suka berpetualang, dari sekian banyak tempat wisata yang terdapat di kawasan Dieng ada satu lokasi yang bisa membuat anda menyesal kalau anda melewatinya yaitu Sumur Jalatunda, kenapa demikian karena sumur ini merupakan sumur terbesar di Indonesia.

Bagi anda yang berwisata ke dataran Tinggi Dieng, tentu anda harus menyempatkan diri untuk melihat tempat Sumur Jalatunda tersebut berada, sumur Jalatunda ini mempunyai keindahan yang luar biasa eksotisme nya mampu menghipnotis para pengunjung yang datang ke lokasi ini dengan pemandangan yang di suguhkan alam sekitar wisata Sumur Jalatunda tersebut. Selain pemandangan yang sangat mempesona dengan keindahan eksotisme nya tersebut ternyata Sumur Jalatunda menyimpan banyak misteri yang tersembunyi.
Di beri sebutan dengan nama Sumur Jalatunda ternyata memiliki makna tersendiri “jala” dan “tunda” yang mempunyai arti jangan selalu menunda nunda sesuatu atau semua perbuatan yang bagus.
Menurut cerita dari masyarakat sekitar, obyek wisata Sumur Jalatunda ini terbentuk karena unsur dari letusan yang terjadi berabad abad tahun yang lalu yang kejadiannya sangat dahsyat dari gunung Purba Dieng, hingga yang ada pada saat sekarang ini yang tersisa hanya berupa lubang raksasa yang berdiameter sekitar 100 meter dan memiliki kedalaman berkisar ratusan meter hingga ribuan meter ( belum diketahui secara pasti tentang kedalaman sumur tersebut karena belum ada penelitian yang pasti).
Beberapa Versi Tentang Cerita Nama Sumur Jalatunda

Ini tentang asal usul nama Sumur Jalatunda, lagi lagi menurut keterangan dari warga sekitar, ada dua cerita yang beredar yang berhubungan dengan asal muasal nama Sumur Jalatunda, yang pertama nama Sumur Jalatunda berasal dari legenda pewayangan Mahabharata, konon menurut cerita pada jaman pewayangan menggunakan sumur ini untuk menjadi penghubung antara dunia menuju bumi lapis ke tujuh ( bumi Sapta Pratala).
Menurut versi cerita yang kedua yaitu sumur Jalatunda terbentuk sebab pijakan dari kaki Sang Bima atau Werkudara yang sangat marah sekali, terus dia menghentakkan kakinya ke tanah dan terbentuklah sebuah lubang besar yang menyerupai sumur, sehingga semua air berkempul di tempat ini dan jadilah tempat muaranya air sekitar.
Misteri Beserta Mitos Terkait Sumur Jalatunda
Para pengunjung yang budiman, ketika anda sudah menikmati semua pemandangan yang di suguhkan oleh wisata alam sumur Jalatunda ini, terdapat mitos yang sangat cocok untuk anda mengerti dan ketahui bahkan mungkin anda bisa mencoba keberuntungannnya sendiri, yaitu sebuah mitos yang beredar di kalangan warga sekitar bahwa siapa saja yang bisa melempar kan 3 buah batu dan bisa sampai melewati sumur jalatunda atau jatuh pas di tengah tengah sumur maka semua hajat dan permintaaanya akan terkabul. Pertanyaannya Mengapa 3 buah batu?
Menurut ceritanya, konon Sumur Jalatunda tersebut menjadi tempat persemayaman para tokoh Antareja, Antaboga, Antasena dan Nyai Dewi Kunthi. Dan pada bulan haji dan suro di lokasi ini sering di adakan syukuran atau ritual tertentu untuk mendapatkan hidayah dari tuhan.
Nah kenapa harus 3 buah batu karena hal ini merupakan perlambangan dari tokoh Antasena, Antaboga dan Antareja, maka bagi setiap pengunjung yang bisa melempar seperti kreteria yang disebutkan di atas maka setiap apa yang di cita cita kan akan segera terwujud. Ini sekedar mitos boleh percaya boleh tidak semua tergantung anda sebagai orang yang bijak.

Wisata sumur jalatunda cocok untuk berfoto-foto
Tempat dengan pemandangan yang indah rasanya sangat cocok untuk dijadikan tempat tujuan untuk memanjakan mata dan untuk menghilangkan semua pikiran yang mengganjal di dalam hati, karena itulah tempat wisata alam sumur Jalatunda sangat digemari para wisatawan yang ingin mencari tempat naungan untuk melepas semua beban pikiran di tambah dengan udara yang sejuk akan semakin mantab suasana di lokasi Sumur Jalatunda. Moment bersama keluarga sangat tidak pantas apabila tidak anda abadikan, maka jangan lah sampai lupa untuk membawa kamera supaya anda bisa leluasa mengabadikan semua aktifitas anda bersama keluarga tercinta, jepretan demi jepretan akan mengingatkan anda ketika anda sudah berada di rumah. Di padu dengan pemandangan alam yang sangat mempesona dan keadaan angin yang sangat bersahabat membuat tempat wisata alam Sumur Jalatunda sekiranya sangat pantas menjadi tempat wisata faforit yang banyak diburu oleh para wisatawan di antara tempat wisata disekitar Dataran Tinggi Dieng.
Dataran Tinggi Dieng tersebut merupakan wilayah yang masuk di dalam daerah lingkaran vulkanik dan gunung api (Ring of Fire), jadi tidak heran kalau di lokasi Dieng terdapat beberapa tempat wisata lain yang juga berpemandangan sangat indah dan sungguh mengesankan pasti akan membuat anda terbelalak terkagum kagum melihatnya. Dan tempat wisata yang lain di sekitar Sumur Jalatunda juga terbentuk akibat dari letusan gunung Purba Dieng.
Untuk menuju ke lokasi wisata alam Sumur Jalatunda anda bisa menggunakan kendaraan pribadi menuju desa Pekasiran kecamatan Batur, kabupaten Banjarnegara. Di depan gapura pengunjung akan di sambut dengan tulisan besar “Sumur Jalatunda”
Tiket masuk wisata Sumur Jalatunda Dieng
Untuk bisa menikmati semua pemandangan yang ada di lokasi sekitar Sumur Jalatunda setiap pengunjung harus membayar Rp 5,000 /orang, dan biaya tersebut tidak termasuk untuk masuk ke lokasi dataran tinggi Dieng yang biaya yang di keluarkan untuk masuk ke kawasan Dieng adalah Rp 10,000 /orang.

1 comment: