Saturday, January 14, 2017

menikmati Keunikan Goa Selomangleng di Kediri

keunikan goa selomangleng di kediri jawa timur
Goa selomangleng adalah sebuah obyek wisata Goa yang berada di jawa timur lebih tepatnya kota Kediri, provinsi Jawa Timur. Goa SeloMangleng tersebut masuk di daerah kawasan gunung Klotok atau berjarak sekitar 3,5 km jika di akses dari pusat kota Kediri. Nama Goa Selomangleng sendiri berasal dari dua kata yaitu Selo yang berarti Batu, dan mangleng yang mempunyai arti  Miring. Jadi kalau di gabungkan memiliki arti batu yang kedudukannya miring apabila di lihat dari permukaaan tanah, karena memang lokasi dari Goa Selomangleng sendiri berada di lokasi yang miring yaitu kaki gunung Klotok.

Keunikan yang di miliki dari tempat wisata Goa Selomangleng adalah banyaknya bongkahan batu batu yang seakan akan berserakan disekitar Goa dan di antar bongkahan batu batu yang berserakan tersebut ada yang dahulunya pernah di pahat oleh seseorang, dan berada di bagian luar dari Goa terdapat berbagai seni relief yang menghiasi pemandangan. Keadaan di dalam Goa Selomangleng sangat gelap sekali maka apabila pengunjung ingin memasuki Goa sediakanlah alat penerangan yang cukup terang seperti senter supaya pengunjung bisa melihat keadaan di dalam Goa Selomangleng, dan juga waktu pengunjung datang pastinya akan mencium aroma dupa yang cukup menyengat dan ini menjadi siri khas dari Goa Selomangleng.
Masih membahas area di sekitar kawasan wisata Goa Selomangleng ini, ternyata pemerintah daerah kota Kediri telah membangun museum Airlangga yang kebanyakan isi di dalamnya merupakan sejumlah benda benda purbakala peninggalan yang menurut masyarakat adalah benda yang pernah di gunakan kerajaan jaman dahulu pada masa pemerintahan kerajaan Kediri.

Kawasan Obyek wisata alam Goa Selomangleng pada waktu dekat ini sudah dikembangkan oleh pemerintah yang ada di kota kediri sebagai tempat berkumpulnya keluarga dan berwisata, di area goa Selomangleng tersebut ternyata ada juga beberapa fasilitas yang cukup memadai dan bisa di jadikan sebagai tempat wisata diantaranya adalah Kolam pemandian, bila pengunjung akan memasuki kolam pemandian dan mandi maka akan dikenai tarif lagi untuk pemandian tersebut, biaya sekali mandi di kolam renang ini pun sangat terjangkau yakni sekitar Rp.4000. fasilitas yang ada di area selitar Goa Selomangleng yang berupa kolam renang yang ada di lokasi ini juga terdapat kolam yang di peruntukkan untuk anak-anak.
Sejarah Goa Selomangleng Kediri
Goa selomangleng ini adalah merupakan sebuah lokasi yang digunakan sebagai ruang untuk melaksanakan pertapaan oleh Dewi Kilisuci yaitu putri Mahkota dari Raja Airlangga, menurut cerita di Goa inilah putri Kilisuci tersebut menghabiskan semua sisa umurnya untuk bertapa dengan tujuan agar seluruh warga kediri terhindar dari semua marabahaya, dewi kilisuci juga setuju dengan menghabiskan seluruh sisa umurnya untuk tidak mencari pendamping, hal ini dilakukanya demi kesejahteraan dan ketentraman masyarakat kediri.
Alamat Goa Selomangleng Kediri
Goa Selo mangleng ini berlokasi di Jl Mastrip No 1, Mojoroto, Kediri, Jawa Timur. berikut titik GPS dan juga peta. @-7.8073372,111.9706634

Rute akses menuju ke Goa Selomangleng
Untuk bisa sampai ke kawasan obyek wisata Goa Selomangleng ini, maka pengunjung pun bisa langsung menuju ke arah barat dari alun alun kota kediri yaitu melewati Jembatan dari Sungai Brantas untuk lurus terus sampai ke Terminal kediri, kemudian dari terminal Kediri ini pengunjung pun harus menuju kearah kanan, dan setelah itu pengunjung akan sampai di perempatan Sukorame, dari perempatan ini pengunjung langsung saja belok kearah kiri, habis itu lurus saja maka akan sampai di kawasan wisata Goa Selomangleng tersebut dengan jarak sekitar 2 Kilometer.
Tiket Masuk ke Goa Selomangleng
Untuk Tiket masuk Goa Selomangleng yaitu Rp.4000 /orang dewasa dan untuk anak anak Rp 2500. Sebenernya waktu tahun lalu Goa Selomangleng untuk masuk ke Lokasi Kawasan wisata alam ini tidak di pungut biaya sama sekali alias gratis, tetapi saat ini pengunjung obyek wisata tersebut, sudah di haruskan membayar tiket untuk masuk.
Kuliner di area Gao Selomangleng
Bagi anda yang suka berkuliner, maka di area Goa Selomangleng ini banyak terdapat warung dan juga para pedagang yang sedang menjajakan dagangan mereka, diantaranya adalah: nasi goreng lalu ada juga soto yang bisa di santap setelah kehabisan tenaga setelah beraktifitas di lokasi wisata Goa Selomangleng ini, lalu ada juga mie instant, mie ayam dan ada lagi yang lainnya, bagi pengunjung yang sedang nyidam ingin mencicipi kuliner yang khas dari kota Kediri, bisa keluar sebentar dari area wisata dan menuju ke kota, disana banyak sekali warung warung yang menjual makanan khas dari kota Kediri yaitu Nasi Pecel khas Kediri, yang membedakan nasi pecel Kediri dengan nasi pecel dari kota lain adalah di sajikan dengan daun pisang (pincuk), nasi pecel khas dari kota ini biasanya di sajikan saat nasinya masih hangat, kemudian di sertai dengan sayuran yang terdiri dari bermacam macam sayuran seperti kenikir, daun pepaya, dan daun ketela pohon, lalu ada juga yang menambahkan kacang panjang, buah pepaya muda dan juga kecambah / taoge, setelah sayuran di tata di atas nasi baru kemudian di siram dengan sambal pecel dan juga sambal tumpang.
Hotel dan Penginapan di Goa Selomangleng
Bagi wisatawan yang ingin bermalam bersama dengan keluarga tercinta, maka pengunjung jangan khawatir di sekitar lokasi ini banyak sekali homestay yang merupakan rumah milik warga yang akan disewakan, dan mulai dari 150 ribu permalamnya anda sudah bisa bermalam dengan nyaman dan yang pasti tempat cukup bersih dan nyaman.

1 comment: