Friday, January 6, 2017

Pantai Sawarna Banten, syurga yang tersembunyi

Wisata Pantai Sawarna Banten, alam yang terpencil

Wisata pantai yang secara keseluruhan memang selalu menyajikan aura yang sangat mengesankan karena di sana memiliki sejumlah pemandangan yang sangat luar biasa indah, bagaimana tidak berbagai suasana ada di lokasi tersebut mulai dari suasana laut, suasana daratan, suasana pasir putih yang membentang luas bahkan suasana hutan dan gunung sesekali juga tersedia di dalam satu lokasi. Di daerah Banten terdapat sebuah tempat wisata yang berupa pantai yang mulai banyak dibicarakan dan mulai banyak didatangi para wisatawan, baik wisatawan dari daerah sekitar bahkan wisatawan yang datang dari mancanegara. Sebut saja Pantainya bernama pantai Sawarna.

Pantai Sawarna adalah Pantai yang mempunyai hamparan pasir putih bersih dan memanjang luas disatu sisi terdapat karang yang menjulang di sisi yang lain pantai ini sudah menjadi buah bibir dan di perbincangkan oleh banyak para pecinta petualangan dikarenakan indahnnya alam yang di suguhkan begitu mempesona. Percaya atau tidak, kalau menurut sebagian banyak dari wisatawan yang pernah datang keindahan pantai Sawarna tersebut bisa di sejajarkan dengan pantai pantai yang indah di luar Banten.
Pantai Sawarna ini merupakan salah satu obyek wisata faforit di kota Banten karena keindahan dan panorama yang di milikinya membuat Pantai Sawarna tersebut mampu bersaing dengan tempat Wisata yang sudah besar namanya bahkan mempunyai predikat salah satu pantai terindah yang ada di provinsi Banten. Pantai Sawarna yang mulai beranjak terkenal tersebut berjarak sekitar 150 Km dari Rangkasbitung dan berada di desa Sawarna kecamatan Bayah kabupaten Lebak provinsi Banten. Nama Sawarna sebenarnya di ambil dari nama desa tempat dimana pantai yang indah tersebut berada.
Pantai Sawarna merupakan pantai yang terletak di hadapan Samudera Hindia, sehingga hal ini membuat Pantai Sawarna mempunyai ciri khas seperti pantai selatan yang memiliki ombak yang besar dan juga arusnya yang sangat kuat. Letak dari Pantai yang terpencil dan akses jalan menuju lokasi yang lumayan sulit untuk dilewati membuat wisata pantai Sawarna ibarat surga yang berada di lokasi terpencil.
Perlu diketahui Beberapa waktu silam mungkin tidak banyak pewisata yang berkunjung kelokasi Pantai ini karena akses yang sulit dan cukup buruknya jalan untuk bisa sampai di Pantai Sawarna. Tetapi Berkat cerita mulut ke mulut bahkan promosi yang di lakukan melalui media online, maka sekarang semakin banyak para penjelajah wisata yang tertarik untuk datang ke syurga yang tertutupi ini.

Ketika pengunjung sudah berada di lokasi gerbang, maka langsung mata anda akan melihat pemandangan indah yang di suguhkan oleh alam yang dimiliki Pantai Sawarna Banten, Pertama kali sampai indera penglihatan anda akan selalu dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam yang satu ini. Berupa Bukit yang kehijauan, pantai berpasir putih membentang luas serta laut yang biru membuat semua yang datang akan melupakan sejenak semua ke-penat-an perkotaan.
Terdapat beberapa Keuntungan ketika berwisata di desa Sawarna ini, karena tempat wisata satu dengan yang lain berdekatan sehingga pengunjung dapat melakukan kenikmatan semua wisata tanpa harus melakukan perjalanan jauh. Ada Beberapa obyek wisata yang menjadi andalan di desa Sawarna adalah pantai Tanjung Layar, Pantai Pulo Manuk, pantai Karang Taraje, Goa Lalay pantai Ciantir, Goa Seribu Candi dan Goa Langir. 
Beberapa pantai yang berada di desa Sawarna seperti Tanjung Layar dan Karang Taraje merupakan pantai dengan karang yang menjulang sehingga pengunjung tidak dapat berenang dilokasi ini, tetapi pemandangan yang dimiliki sangat indah membuat dua tempat tersebut tersebut sangat ramai dikunjungi para wisatawan.Tanjung Layar sendiri merupakan berupa dua karang besar yang berdekatan seperti layar kapal, rasanya kurang lengkap kalau anda berkunjung ke desa Sawarna tidak mengunjungi tempat ini.
Sedangkan Karang Taraje merupakan tempat yang ideal untuk melihat sunset yang begitu indah. Di tempat tersebut terdapat batu karang yang menjulang tinggi disepanjang pantai.
Berbeda dengan Tanjung Layar serta Karang Taraje, di pantai Pulo Manuk dan Ciantir anda bisa memanjakan diri dengan pasir putih yang terpampang luas serta air laut yang masih jernih. Di pantai ini pengunjung dapat bermain pasir atau bermain air di pinggir pantai bersama keluarga. Ombaknya yang sedikit besar pun memungkinkan pengunjung untuk melakukan surfing.
Banyak juga wisatawan yang melakukan surfing di tempat ini karena ombaknya cukup cocok untuk melakukan surfing. Goa Lalay, Langir dan Seribu Candi adalah wisata goa yang terdapat di Sawarna. Jika anda ingin yang lain daripada pantai, anda dapat mengunjungi goa ini untuk wisata alam ke dalamnya.
Satu hari penuh mungkin tidak akan cukup untuk anda mengelilingi wisata Sawarna keseluruhan, karena itu ada baiknya anda menginap agar dapat menikmati keistimewaan Sawarna seluruhnya. Anda dapat mendirikan tenda di dekat pinggir pantai, tentunya dengan seizin penduduk di sekitar pantai dan tidak meninggalkan sampah.

FASILITAS DI LOKASI WISATA PANTAI SAWARNA BANTEN
Peralatannya harus anda bawa sendiri dari rumah, karena tidak ada penyewaan disana. Jika tidak ingin ribet anda dapat menginap di penginapan atau homestay yang tersedia disana. Tarif yang ditawarkan berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 300.000 per malam dengan fasilitas yang memadai dan sudah termasuk makan.  
Desa Sawarna berjarak sekitar 270 Km dari Jakarta dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 7 Jam atau lebih tergantung kondisi kemacetan. Untuk menuju Sawarna dari Jakarta, anda dapat memilih apakah akan melewati jalur Pelabuhan Ratu atau melewati Serang dan Pandeglang.
Untuk menuju pantai sawarna disarankan untuk menggunakan kendaraan yang dapat melewati medan yang sulit. Karena jalan di desa Sawarna banyak yang memiliki jalur yang membutuhkan keahlian ekstra. Periksa juga bahan bakar kendaraan serta bawalah uang tunai yang cukup.
Karena ATM dan POM bensin jaraknya cukup jauh. Persiapkan juga fisik yang kuat karena perjalanan menuju sawarna cukup jauh dan melelahkan, namun itu semua akan terbayar lunas ketika anda sampai di desa Sawarna.


1 comment: