Sunday, January 1, 2017

Kawah Sikidang Dieng Wonosobo

Kawah Sikidang Dieng Wonosobo, Wisata Unggulan di Dieng
Kota Wonosobo yaitu sebuah kota yang terdapat di jawa tengah yang berhawa sangat dingin dan juga mempunyai tempat tempat yang sangat indah mempesona, salah satu tempat yang menjadi tempat buruan para wisatawan adalah kawasan Dieng, dan di kawasan Dieng sendiri terdapat sebuah tempat yang menjadi unggulan wisata di Dieng sebut saja Kawah Sikidang. Kawah Sikidang masih termasuk di dalam kawasan Dieng Plateau, tempat wisata yang indah ini merupakan tempat wisata yang banyak diminati oleh para petualang yang datang dari berbagai wilayah untuk menikmati keindahan keseluruhan kawasan Dieng, selain Candi Arjuna dan juga Telaga Warna.

Kawah Sikidang di Dieng Wonosobo ini sudah menjadi destinasi wisata andalan di kawasan wisata Puncak Dieng Plateau, Kawah Sikidang adalah sebuah cekungan berisi kawah yang di timbulkan dari aktifitas gunung berapi yang ada di kawasan dataran Tinggi Dieng. Lokasi dari kawah Sikidang tersebut berada di tanah yang cukup datar, sehingga anda dan pengunjung yang lain dapat melihat secara langsung gumpalan asap yang di keluarkan oleh Kawah yang dinamakan Sikidang ini. Hal tersebut lah yang menjadi daya tarik tersendiri dari kawah Sikidang ini, karena para wisatawan dapat secara langsung melihat fenomena langka dan aneh yang mungkin saja tidak di temukan di tempat lain selain di Kawah Sikidang.
Namun juga sekiranya perlu di ingat bahwa seperti kawah kawah yang ada di Indonesia , Kawah Sikidang juga mengandung kandungan belerang tinggi sehingga gas yang keluar dari kawah juga mengandung belerang dan akan sangat beracun juga dapat sangat berbahaya bagi kesehatan. Untuk menjaga keselamatan para pengunjung makanya di sekitaran kawah Sikidang sudah di bangun pagar yang terbuat dari kayu, yang berfungsi sebagai penahan para pengunjung agar tidak terlalu dekat dengan lokasi cekungan kawah Sikidang, selain itu secara otomatis tidak ada yang tercebur dan terkena dampak dari gas beracun yang di semburkan kawah Sikidang ini. Untuk pencegahan dari dampak dampak tersebut sebaiknya para pengunjung tidak melewati pembatas kayu yang tersedia dan juga bawalah masker sebagai pelindung hidung supaya tidak menghirup gas beracun, apabila anda tidak ada persiapan membawa masker anda bisa membeli dikawasan parkiran, dilokasi ini banyak penjual yang menawarkan masker untuk keamanan para pengunjung.

Keistimewaan dari Kawah Sikidang Dieng Wonosobo
Seperti yang sudah di singgung bahwa Kawah Sikidang ini mempunyai keistimewaan yaitu lokasinya yang berada di sebuah tanah yang agak datar sehingga mempermudah para pengunjung untuk bisa melihat secara langsung fenomena langka dan aneh berupa letupan asap yang keluar dari kawah serta adanya gas yang muncul dari dasar kawah.
Kebiasaan dari kawah kawah yang ada di dunia keberadaannya itu di atas gunung bahkan berada di puncak gunung dan membuat kesulitan untuk bisa mencapainy dan melihatnya bahkan menikmatinya. Dan juga kebiasaan yang lain dari kawah yaitu terletak di kedalaman kubah karena itu sangat sulit untuk bisa melihatnya.
Di lokasi kawasan Kawah Sikidang ini ternyata tidak Cuma satu lokasi cekungan yang mengeluarkan kawah, hanya saja Kawah Sikidang lah yang paling terlihat jelas. Di sekitarnya terdapat beberapa kawah yang bentuknya cukup kecil serta terdapat beberapa kawah yang sudah tidak aktif, kawah kawah yang kecil kecil tersebut tempat letupannya selalu berpindah pindah kayak kelincahan Kidang dalam berpindah atau dalam bahasa Indonesia berarti (kijang).

Maka dari itu kawah yang terletak di Dieng ini oleh masyarakat sekitar di beri nama Kawah Kidang (Kawah SiKidang) seperti tingkah laku hewan Kijang. Ada juga versi lain yang menerangkan tentang asal usul Kawah Sikidang yaitu sebuah legenda Kawah Sikidang yang di hubung hubungkan dengan sering di temukannya anak dengan berambut gimbal yang sering di temukan di dataran tinggi Dieng.
Di dataran tinggi Dieng selain kawah Sikidang Dieng yang di buat untuk berwisata juga terdapat tempat wisata lain yang berupa kawah yang terletak di sekitaran kawah Sikidang yaitu Kawah Sileri dan Kawah Candradimuka
Alamat lokasi Kawah Sikidang Dieng
Kawah Sikidang berlokasi di Dataran Tinggi Dieng dan masih dalam kawasan wisata Dieng Plateau yang secara administrative masuk di dalam kabupaten kota Wonosobo, jawa tengah.
Tiket Masuk kawah Sikidang Dieng
Untuk bisa menikmati wisata alam dengan pemandangan yang sangat langka ini pengunjung akan di tarik biaya Rp 6,000.
Biaya yang sangat lah terjangkau di bandingkan dengan pemandangan yang di suguhkan oleh alam. Maka nikmatilah alam yang sudah ada dan jangan sekali kali anda merusaknya.

2 comments: