Thursday, January 12, 2017

5 tempat wisata di bandung yang selalu ramai dikunjungi wisatawan

1. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih berlokasi di Ciwidey, yaitu sebuah dataran tinggi di sebelah selatan kota Bandung. Berjarak sekitar 50 km dari keramaian kota kembang Bandung, Kawah Putih Ciwidey dapat diakses dengan mudah karena Pemerintah Daerah sudah menyediakan jalan yang memadai untuk pengendara yang menggunakan kendaraan pribadi, serta tersedia pula angkotan umum diperuntukan bagi mereka yang tidak membawa kendaraan pribadi.
Kawah Putih menyajikan sebuah pemandangan dan pengalaman ketika menikmati tempat wisata alam yang indah di Bandung yang tidak ada kembarannya. Dengan suasana udara yang dingin sejuk dilengkapi dengan pemandangan berupa kawah dengan bertanah putih, Kawah Putih Ciwidey tidak akan mengecewakan para pengunjungnya. Selain itu, warna air yang terdapat di Kawah Putih juga bisa berubah-ubah seiring dengan perubahan cuaca dan suhu bahkan sulfur membuat pemandagan semakin menawan. Ada juga suasana unik dapat pengunjung rasakan yaitu terjadi ketika ketebalan kabut yang dapat berubah-ubah setiap beberapa menit menambah pemandangan semakin sempurna.

2. Gunung Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Alasan ramainya pengunjung di tempat wisata alam ini adalah karena keistimewaan yang disuguhkannya, serta kemudahan akses jalan untuk bisa mencapai lokasi. Berlokasi sekitar 20 KM di sebelah utara Bandung. Tangkuban Perahu adalah merupakan salah satu penyebab kemacetan di Lembang.
Gunung Tangkuban Perahu sebenarnya mempunyai sebuah cerita menarik yang patut untuk dibahas yaitu menceritakan tentang seorang pemuda tampan bernama Sangkuriang yang berusaha menikahi ibu kandungnya sendiri. Mengetahui bahwa yang akan menikahinya yaitu Sangkuriang adalah anaknya sendiri, maka sang ibu yang bernama Dayang Sumbi segera membuat syarat yang sangat berat untuk bisa menikah. Syarat yang dimaksud adalah bahwa Sangkuriang harus membuat sebuah danau dan perahu dalam 1 malam.
Singkat cerita, Sangkuriang gagal menyelesaikan syarat dari Dayang Sumbi yakni membuat danau dan perahu yang diinginkan sehingga ia (Sangkuriang) menjadi murka dan marah kemudian menendang perahu yang telah dibuatnya sendiri. Perahu tersebut kemudian jatuh terbalik dan menjadi Gunung yang sampai saat ini dinamakan gunung Tangkuban Perahu. Memang apaBila dilihat dari jauh, kita akan menyadari bahwa bentuk Gunung Tangkuban Perahu benar-benar mirip dengan bentuk perahu yang terbalik.

3. Situ Patenggang

Situ Patenggang
Situ Patenggang merupakan salah satu tempat wisata alam di Bandung yang sangat terkenal, terutama bagi para wisatawan yang mencintai pemandangan danau. Nama danau Situ Patenggang adalah berasal dari bahasa Sunda yang berarti “saling mencari”, Kata “saling mencari” ini bukan tanpa alasan karena ada sebuah cerita yang menceritakan bahwa dulunya ada sepasang kekasih yang terpisah. Mereka saling mencari dan sampai akhirnya mereka bertemu di tempat danau ini.
Menariknya adalah di area Danau Situ Patenggang terdapat sebuah pulau yang membentuk hati, pulau kecil berbentuk hati tersebut oleh warga di beri nama Pulau Asmara, atau sering disebut juga dengan sebutan Pulau Sasaka. Selain Pulau kecil di tengah Danau Situ Patenggang ini juga terdapat sebuat batu yang di namakan sebagai batu cinta.
Danau Situ Patenggang berlokasi di sebelah selatan Kota Bandung, dan lokasinya pun tidak jauh dari tempat wisata alam lainnya di Bandung, sehingga para wisatawan biasanya menyempatkan diri untuk berlibur juga ke tempat yang berdekatan di dalam satu kota, yang berdekatan seperti Kawah Ciwidey, dalam 1 hari pengunjung bisa berwisata di dua tempat sekaligus.

4. Bukit Moko

Bukit Moko
Mungkin dari sebagian warga luar Bandung belum banyak yang mengetahui keberadaan wisata Bukit Moko, Walaupun jarang diketahui oleh sebagian warga, Bukit Moko ternyata adalah lokasi terbaik untuk bersantai sambil melihat pemandangan pegunungan dari atas bukit di Bandung. Tempat wisata alam yang satu ini disebut-sebut sebagai tempat wisata tertinggi di Bandung dan selalu ramai dikunjungi para warga Bandung dan sekitarnya setiap akhir pecan bahkan hari hari biasa.
Di lokasi bukit ini terdapat sebuah warung yang cukup dikenak dengan sebutan Warung Daweung. Warung tersebut bukan warung sembarangan karena menawarkan pemandangan kota Bandung dari atas bukit, dan dilengkapi dengan hawa sejuk dan minuman hangat sehingga secara cepat menyebar luas menjadi lokasi favorit warga Bandung untuk bersantai.
Untuk bisa sampai di Bukit Moko yang berlokasi di Desa Cimenyan, pengunjung harus membawa kendaraan sendiri karena tidak ada angkotan umum yang melintas menuju daerah puncak. Sekiranya perlu di beritahukan ketika ingin mengunjungi Bukit Moko, pengunjung harus berhati-hati saat berkendara di jalur ini terutama pada saat hujan, karena jalur yang akan di lalui terjal dan berkelok-kelok.

5. Maribaya

Maribaya Bandung
Tempat wisata Maribaya yang berlokasi di Lembang, lokasi ini kurang lebih berjarak 22 KM dari pusat balai kota Bandung, yaitu sebuah tempat wisata alam yang cukup terkenal dengan sumber mata air panas belerang. Selain di Tirta Sanita Giseeng, sumber mata air panas belerang di Bandung ada Maribaya,tempat wisata ini juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit luar seperti kadas, panu, kurap dan juga dapat membuat kulit menjadi mulus.
Selain terkenal dengan sumber mata air panasnya, Maribaya juga dicintai karena menyuguhkan wisata alam lain berupa air terjun dan taman untuk bermain dan bersantai dengan keluarga. Salah satu kegiatan wisata favorit di lokasi wisata Maribaya selain berendam air panas alami adalah trekking, bagi pengunjung yang suka Trekking bisa mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

1 comment: