Wednesday, August 2, 2017

Taman Unyil, Taman Rekreasi di Tengah Kota yang Menjadi Kebanggaan

Taman Unyil, Sebuah Taman yang Keren di Semarang
Bertempat tinggal di tengah-tengah kota tentu membuat seseorang terkadang merasa bosan dan jenuh, setiap hari itu-itu aja aktifitas yang di lakukan dan setiap kali hanya mobil lewat dan bangunan yang dilihat. Sekiranya nama Taman Unyil bisa menjadi solusi anda sekeluarga mencari udara segar untuk me-refresh semua pikiran anda.
Memang kehadiran sebuah taman di pusat kota itu sedikit perlu di lakukan karena wilayah kota sudah penuh dengan jalanan dan bangunan. Sangat jarang ditemukan tempat publik yang bisa mempertemukan warganya untuk berekreasi dan bersosialisasi. Makanya dengan hadirnya Taman Unyil diharapkan bisa mewujudkan itu semua.

Mendengar kata Unyil, tentu anda langsung teringat pada sosok boneka berpeci hitam dengan sarung di punggung terutama bagi anda yang mengalami masa kanak-kanak dan remaja di tahun 90-an. Karena lakon Boneka Unyil memang sempat menjadi primadona tayangan televisi pada waktu itu.
Meskipun taman ini menggunakan nama Unyil, bukan berarti Unyil si boneka berpeci itulah yang menyebabkan taman cantik ini dinamakan demikian. Seperti yang telah kita tahu bersama, unyil adalah sebuah kata yang berarti kecil, boleh diartikan miniatur, jadi Taman ini diperuntukan untuk balita dan anak anak, tetapi orang dewasa pun banyak yang berekreasi di taman ini.
Taman Unyil di Ungaran ini merupakan taman yang menghadirkan replika jalan raya (rambu-rambu lalu lintas, miniatur jembatan, miniatur jalan memutar, dsb.) dalam bentuk mini. Maka dari itu, taman ini sangat cocok sekali dikunjungi anak-anak balita dan yang sudah memasuki jenjang Sekolah Dasar. Mereka bisa belajar mengenal rambu-rambu lalu lintas dan peraturan di jalan raya. Bagi anda yang sudah mempunyai anak yang sudah menginjak di bangku sekolah dasar, taman ini sangat cocok mengisi waktu anda bersama si buah hati, untuk mengenalkan kepada mereka tentang berlalu lintas yang baik dan benar.
Memang Luas lahan Taman Unyil ini kurang dari setengah hektar, tetapi mampu menghadirkan hal-hal yang bermanfaat bagi anak-anak. Beberapa permainan yang sederhana pun tersedia disini yang khusus untuk anak-anak, seperti Patung binatang, perosotan, komidi putar, ayunan, dan permainan khas taman bermain bisa dinikmati balita dan kanak-kanak.
Penggantian Nama Taman Unyil Menjadi Taman Serasi
Taman Unyil itulah nama yang melekat sejak lama di benak warga semarang dan Ungaran. Tetapi itu dahulu karena Taman Unyil Ungaran Sekarang Berganti nama menjadi Taman Serasi.
Sekitar tahun 2011, Bupati Kabupaten Semarang, dr. Mundjirin, S.pOG, mengubah nama Taman Unyil Semarang menjadi Taman Serasi. Hal tersebut untuk upaya pembersihan citra Taman Unyil itu sendiri, yang kerap disalahgunakan pemuda-pemudi sebagai tempat untuk berbuat mesum, terlebih lagi pada waktu malam hari. Diharapkan, penggantian nama menjadi Taman Serasi mampu mengingatkan kembali tentang fasilitas taman kota ini agar digunakan dengan serasi.
Sekarang setelah adanya pembenahan, Taman Serasi semakin cantik dengan adanya berbagai fasilitas sebagai wujud tempat bermainnya anak dan sekaligus edukasi untuk anak seperti jalur dengan tanda-tanda lalu lintas, pasir pantai, berbagai macam patung hewan, dan ayunan.
Sedangkan untuk menambah kenyamanan pengunjung disediakan pula toilet / MCK, tempat parkir sepeda motor sederhana dan yang terpenting adalah diberlakukanya aturan tidak diperbolehkan untuk Penjual makanan yang  menjajakan makanan di dalam taman. Ini bentuk wujud pembenahan supaya pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama di Taman Serasi.
Walaupun sudah berganti nama, tampaknya warga Ungaran telah lekat dengan nama Taman Unyil. Sehingga, warga sekitar mungkin masih lebih mengenal daerah tersebut dengan nama Taman Unyil daripada Taman Serasi. Bagaimana pun juga, Taman Unyil adalah tempat wisata taman bermain paling di kenal dikalangan warga ungaran dan semarang.
Alamat Taman Unyil / Serasi
Taman Unyil ini terletak di perbatasan antara Kota Semarang (Pudak Payung) dan Kabupaten Semarang (Bandarjo). Letaknya memang dirasa kurang strategis karena berada di pertigaan jalur cepat, jalur utama Semarang - Solo - Jogja.
Tiket Masuk Taman Unyil / Serasi
Masuk ke area Taman Unyil tidak dipungut biaya sehingga bisa menjadi alternatif menghabiskan waktu berlibur yang murah. Pengunjung hanya akan dikenai biaya parkir saja untuk keamana kendaraan anda.
Semoga kesan dan citra Taman Serasi sesungguhnya dapat terwujud dan akhirnya menjadi salah satu tempat rekreasi keluarga yang murah meriah di Ungaran.

No comments:

Post a Comment