Wednesday, August 2, 2017

Pemancingan Baron Semarang, Tempat Makan Lesehan Dengan Menu Ikan Bandeng yang Gurih

Pemancingan Baron
Perkampungan yang berada di daerah dekat dengan pesisir laut yang berpenghasilan pelaut dan petani tambak adalah identik dengan daerah yang kumuh atau kurang menyenangkan, tetapi hal ini tidak berlaku untuk Baron. Tidak ada seorang pun yang pernah menduga jika kawasan yang dulunya dikenal sebatas sebagai tambak bandeng yang gersang, saat ini mampu menjadi salah satu daerah wisata kuliner yang paling ramai di Kota Semarang.
Diawali dengan adanya ide seseorang yang mencoba inovasi mengubah citra tambak yang panas, gersang bahkan berlumpur, jauh dari keramaian kota, menjadi tempat rekreasi pemancingan sekaligus gubug makan lesehan khas bandeng, sebagai menu utama.

Dialah yang pada tanggal 1 Januari 2011 mendirikan bangunan berbentuk joglo dan luasnya hanya 8 x 10 m2, berbahan bambu beratapkan alang-alang, yang dikasih nama Pondok Lesehan Bandeng dan Rekreasi Pemancingan “Baron”. Sekaligus lokasi ini menjadi rumah makan apung yang pertama kali dan satu-satunya di Kota Semarang kala itu.
Keistimewaan pemancingan Baron ini adalah berani menampilkan menu tunggal yang berbahan ala ikan bandeng, yang mana ikan jenis bandeng ini disukai sekaligus tidak disukai, karena banyak duri-duri halusnya.
Berkolaborasi dengan sang istri yang ahli dalam bidang memasak, mampu menciptakan olahan berbahan dasar bandeng segar (bukan presto) yang dapat dimakan tanpa takut dan repot dengan duri-duri halusnya.
Menu Utama dan Faforit di Pemancingan Baron
Menu yang ditampilkan pada saat awal berdirinya Gubug lesehan ini adalah Bandeng Bakar, Bandeng Goreng, Bandeng Bumbu Bali, dan Bandeng Kropok. Tak ayal dengan berjalanya waktu, justru Bandeng Kropok lah yang menjadi favorit, bahkan sampai menjadi iconnya pemancingan Baron. “Jika ke Baron jangan lupa mencoba Bandeng Kropoknya. Bandeng Kropok Baron tidak ada duanya di Semarang,” kata seorang pengunjung Baron ketika dimintai komentarnya.
Resep Bandeng Kropok itu sendiri sebenarnya adalah menu jaman dulu yang dikemas kembali. Kenikmatan menu ini sangat khas, terutama pada sausnya yang merupakan perpaduan rasa asam, manis, dan asem. Ditambah aroma jeruk limau yang harum, menggugah selera makan Anda untuk segera menyantapnya.
Menu Tambahan di Pemancingan Baron
Seiring berjalanya waktu munculah rumah makan-rumah makan sejenis, namun hal ini tidak membuat surutnya pengunjung di Baron, malah justru makin berkembang pesat dengan menampilkan berbagai macam variasi menu, seperti:
Kepiting Lemburi merupakan hasil budidaya, yang digoreng dengan tepung, menghasilkan menu yang renyah kemriuk, dimakan berikut cangkangnya yang lunak.
Gurami Bakar, spesial dengan aroma bumbu bakar yang tidak dapat dijumpai dimana pun. Juga ada Gurami Asam Manis, dan variasi lainnya.
Sup Bandeng dan Sup Gurami, ini adalah menu terbaru, begitu diperkenalkan langsung mendapat respon bagus dari pengunjung
Udang, Cumi, Srimping, dan bermacam olahan lainnya
Sambil menikmati hidangan, Anda akan dihibur oleh alunan live music solo organ dari lagu dangdut hingga sweet memory, dalam hembusan angin laut yang semilir dan dikelilingi suasana air yang tenang. Bagi yang hendak menunaikan ibadah sholat juga disediakan fasilitas mushola yang bersih dan nyaman.
Slogan dan Semboyan di Pemancingan Baron
Sebagai tempat yang di sukai banyak orang tentu ingin menampilkan yang terbaik untuk pengunjung, dan Kenyamanan pengunjung menjadi prioritas utama, berikut semboyan dari Baron:
Nyaman dalam memanjakan lidah Anda dengan kualitas rasa yang pas dengan selera
Nyaman dengan service atau pelayanan yang cepat dan tepat
Nyaman dengan suasanya santai, bebas, familiar, dan nonformal
Nyaman dengan kebersihan yang selalu terjaga
Juga hal yang terpenting dalam mengembangkan usaha adalah selalu mencari terobosan-terobosan baru.
Ada beberapa tempat disediakan dalam kapasitas yang berbeda sebagai fasilitas:
Gazebo disediakan bagi keluarga kecil 8 – 10 orang
Ruang Utama bagi Anda yang datang dengan rombongan 50 – 60 orang
Hall dengan kapasitas sekitar 200 orang
Ruang AC bisa digunakan untuk meeting/rapat, pertemuan, perayaan ulang tahun, dan lainnya.
Jam Buka Pemancingan Lesehan Baron
Pemancingan Baron ini Buka mulai dari pukul 10.00 – 21.00, Anda dapat reservasi tempat dulu atau pun langsung datang.

1 comment: