Sunday, August 6, 2017

Hutan Pinus Mangunan, Sebuah Panggung Megah di Tengah Hutan

Panggung di Tengah Hutan Pinus
Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul, langsung menjadi sorotan yang paling fenomenal di luar negeri. Dalam foto yang telah pasting tersebut rata-rata pengunjung merasa takjub dengan desain panggung terbuka di Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul Yogyakarta itu. Sepertinya nama atau penyanyi seperti Justin Timber-lake, Green Day, hingga Linkin Log Park yang merupakan pelesetan dari Linkin Park sangat cocok mengisi panggung megah tersebut.
Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul merupakan salah satu hutan pinus yang bisa menjadi alternative anda selain Hutan Pinus di Magelang. Lokasi Hutan Pinus Mangunan Dlingo, ini memang berdekatan dengan tempat wisata seperti perkebunan Mangunan hingga area makan raja-raja kesultanan Mataram Yogyakarta.
Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul ini merupakan area terbuka yang sangat mempesona. Pohon-pohon menjulang tinggi seakan menjadi pesona tersendiri bagi pengunjung yang ingin lokasi yang romantis di Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul.

Hutan Pinus ini juga menjadi salah satu destinasi para pesepeda dari Bnatul dan sekitarnya. Tak berbeda dengan lokasi Tebing Keraton di Bandung yang kerap menjadi tempat berkumpulnya para penggemar sepeda gunung. Jalurnya yang mendaki akan menjadi tantangan sendiri bagi para pesepeda.
Keunikan Hutan Pinus Mangunan Dlingo
Kawasan hutan pinus ini memang cocok dijadikan sebagai tempat wisata bagi anak muda. Tak heran jika kawasan ini sangat dikenal di sosial media seperti Instagram dan yang lainya. Apalagi ditambah dengan dibangunnya panggung terbuka yang bisa digunakan untuk ruang teater, sastra, hingga ruang pertunjukan musik di area terbuka yang sejuk tersebut.
Bangunan Panggung dan bangku-bangku penonton didesain setengah lingkaran. Semua bangku-bangku penonton mengarah pada panggung. Panggung dan bangkunya semua berbahan dari kayu pohon yang masih terlihat wujud aslinya. Inilah yang menjadikan kawasan panggung ruang terbuka Hutan Pinus Mangunan Dlingo sangat unik dan menarik.
Selain dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata anak muda, kawasan Hutan Pinus Mangunan Dlingo, ini juga kerap menjadi lokasi pemotretan pre-wedding hingga video klip iklan pun pernah.

Saat yang Pas Mengunjungi Hutan Pinus Mangunan
Jika anda ingin keindahan yang sempurna dari hutan pinus ini, maka datanglah pagi-pagi sekali agar anda bisa mengeksplorasi lebih banyak sudut untuk mengabadikan keindahan alam Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul saat mentari baru menampakan diri.
Waktu yang pas untuk mengungjungi Hutan Pinus Mangunan ini sekitar pukul 06.00 – 10.00 WIB atau pukul 15.00-18.00 WIB. Tidak ada salahnya jika anda datang pada siang hari, karena Hutan Pinus Mangunan ini juga berdekatan dengan destinasi wisata menarik lainnya di Mangunan, Bantul. Diantaranya kebun buah Mangunan dan Puncak Becici yang bisa dijadikan salah satu destinasi selfie terbaik di Bantul Yogyakarta.
Alamat Hutan Pinus Mangunan Dlingo
Hutan Pinus Mangunan Dlingo ini beralamatkan di desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.
Rute Menuju Hutan Pinus Mangunan Dlingo
Untuk sampai di Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul ini tidak terlalu sulit. Lokasi hutan ini berada di bagian selatan dari Yogyakarta. Yaitu dengan menyusuri jalan Imogiri Timur. Di teruskan dengan menyusuri jalan menuju makam raja Imogiri Bantul.
Sebelum sampai di makan Imogiri Bantul anda akan melihat pertigaan yang akan mengarahkan ke Mangunan. Jalur yang anda lalui nantinya akan terbelah ke dua tujuan, satu menuju ke kebun buah Mangunan dan satunya lagi menuju Hutan Pinus Mangunan. Akses jalan sudah cukup bagus namun sangat disarankan anda menggunakan kendaraan tinggi karena medan jalan yang cukup menanjak.
Hutan Pinus ini berjarak 23 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, dan bisa ditempuh selama kurang lebih 60 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor dari pusat kota.
Selain puncak Kalibiru di Kulonprogo, tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan Dlingo ini juga terdapat kawasan wisata puncak Becici yang memiliki pemandangan yang bisa diremehkan. Jangan lewatkan untuk mengunjungi puncak Becici setelah berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul Yogyakarta.
Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan Dlingo
Untuk menikmati hutan pinus ini pengunjung tidak dipungut biaya, hanya dipungut oleh pengelola adalah biaya parkir yang cukup terjangkau. Untuk parkir motor hanya dipungut Rp 3.000 saja, sedangkan untuk biaya parkir mobil hanya dipungut Rp. 10.000 saja. Sangat murah mengingat belum ada tiket retribusi yang dikenakan bagi pengunjung yang datang ke Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul ini. Untuk parkir bus dipatok Rp. 20.000. Sedangkan untuk izin foto pre-wedding dipatok dengan harga Rp. 50.000.
Fasilitas di Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul ini sudah tersedia fasilitas toilet umum. Bahkan juga sudah dibangun gardu pandang di atas pohon. Hati-hati dan bersabar untuk meng-antre, karena kapasitas gardu pandang di Hutan Pinus Mangunan ini sangat terbatas. Utamakan yang penting aman dan nyaman dan jangan terlalu tergesa-gesa ingin mendapatkan spot selfie paling menarik.
Juga bagi pengunjung yang ingin beribadah, diarea Hutan pinus Mangunan ini sudah dibangun musholla kecil untuk menampung para wisatawan yang hendak menjalankan ibadah salat di area wisata Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul.

3 comments: