Tuesday, August 15, 2017

Hutan Taman Klorofil, Taman Indah di Pusat Kota Kendal

Hutan Klorofil, Sebuah Taman di Tengah Kota Kendal
Jika anda sedang berada di kota Kendal, dan ingin mencari tempat yang sangat menyenangkan di kota tersebut maka disarankan untuk berkunjung ke Hutan Taman Klorofil. Hutan atau Taman Klorofil ini sangat cocok untuk mengisi waktu luang anda bersama keluarga, karena memang taman ini mempunyai pemandangan yang sangat indah. 
Taman Klorofil ini berada di daerah Kebondalem Kecamatan Kota Kendal, kabupaten Kendal. Jika taman ini dibaca dari namanya, maka taman tersebut berkesan ilmiah dan akademis. Tapi apakah memang seperti itu kebenaranya, taman tersebut tentu sudah mengidentifikasikan sebagai hutan klorofil.
Sebenarnya kata Klorofil dengan fotosintesis adalah sesuatu yang masih sangat berhubungan, karena klorofil sendiri sangat penting untuk fotosintesis, yang selanjutnya bisa memungkinkan tanaman untuk menyerap energi dari cahaya.
Koleksi Tanaman di Taman Klorofil
Di areal Taman Klorofil ini terdapat beberapa koleksi pohon seperti trembesi, ketapang, flamboyan, kamboja, karet, cemara, bambu kuning, pisang kipas, dan tanaman langka. Taman Klorofil ini dibangun di atas lahan seluas 1,2 hektare dengan anggaran danan sebesar Rp. 4,6 milyar.
Hutan Klorofil yang ada di kota Kendal ini dibangun di area wilayah pemukiman, sekolah dan stadion olah raga. Jadi tidak heran kalau hutan Klorofil ini sangat ramai dikunjungi warga sekitar yang ingin mencari kesejukan dan ketenangan, serta yang hanya ingin jalan jalan saja. Menurut Kasi Pertamanan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kendal, pembenahan lokasi Taman Klorofil ini akan terus di tingkatkan guna ke depannya agar menjadi lebih sempurna dan di gemari semau kalangan.
Jika memang Taman ini difungsikan sebagai paru-paru kota dan resapan sekaligus tempat rekreasi bahkan penelitian bagi para pelajar atau mahasiswa, nampaknya Desa Kebondalem sudah mewakili dari tiga fungsi tersebut. Sebagai jantung kota Hutan Klorofil memang berada dekat di pusat pemerintahan Kabupaten Kendal. Sebagai tempat rekreasi keluarga hutan ini juga dekat dekat kawasan pemukiman warga. Dan untuk fungsi ketiga sebagai wahana penelitian nampaknya masih perlu ditingkatkan dan di luaskan lagi.

Sedangkan untuk disiplin ilmu botani, bagi siswa yang khusus mempelajari mengenai tanaman. Nampaknya Hutan Klorofil belum sebanding jika di bandingkan dengan Kebun Raya Bogor atau Kebun Raya Baturraden. Tetapi dengan adanya pohon trembesi tersebut, seolah olah pohon ini menjadi wakil dari nama hutan klorofil dan semua pohon yang ada. Karena pohon ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat berteduh, penghasil oksigen, membantu penyerapan air berlebih dan serta manfaat yang lain.
Di wilayah Desa Kebondalem yang relatif masih agak terbuka dan dari sinar matahari yang berlimpah sangat berpotensi untuk memproses fotosintesis, di mana pohon trembesi akan dapat menghasilkan oksigen setelah gas karbon dioksida dan air bereaksi di dalam klorofil dengan bantuan sinar matahari. Selain oksigen, karbohidrat yang dihasilkan disimpan sebagai cadangan makanan bagi tumbuhan.
Alamat Taman Klorofil Kendal
Taman Klorofil ini berada di desa Kebondalem, kecamatan Kota Kendal, kebupaten Kendal, jawa tengah.
Sebagai tempat rekreasi, tempat ini sangat cocok sebagai tempat berteduh dan melakukan aktifitas olah raga santai bersama keluarga, jogging pagi pagi, jalan santai pun sangat menyenangkan.  Hal hal tersebut dapat dilakukan di sore hari atau pagi maupun siang hari. Pasti sangat menyenangkan.

4 comments: