Monday, August 7, 2017

Kebun Buah Mangunan, wisata alam yang indah

Kebun Buah Mangunan, Bantul
Bersama keluarga Menikmati pemandangan yang indah mempesona dengan udara yang sejuk tentu bisa menjadi sarana me-refresh semua pikiran. Misalnya tempat wisata yang satu ini mungkin bisa menjadi alternatif anda dalam mencari tempat wisata yang di kehendaki, tempat wisata ini mempunyai pemandangan yang sangat indah, mempunyai hawa yang sangat sejuk serta mempunyai suasana yang sangat menentramkan jiwa. Kebanyakan dari wisatawan yang pernah datang semua menyebutnya Negeri di Atas Awan.
Memang kalau di lihat dari semua sudut yang ada di tempat wisata yang satu ini, sekiranya julukan tersebut tidak berlebihan dan sangat cocok di sematkan kepada Kebun Buah Mangunan ini. Wisata alam yang tersembunyi di Bantul ini mempunyai udara yang sejuk dan sangat indah di pandang mata. 
Negeri di Atas Awan, seperti itulah orang orang menyebutnya. Julukan Nageri di Atas Awan bagi Kebun Buah Mangunan di Bantul Yogyakarta tersebut karena memang wisata ini memiliki daya tarik utama yaitu gardu pandang mangunan. Gardu pandang tersebut berketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut, sehingga pengunjung dapat melihat keindahan gumpalan awan yang membalut pegunungan sewu.

Kebun Buah Mangunan ini berada di desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta. Tempat wisata ini hampir tidak pernah sepi oleh pengunjung terutama pada waktu akhir pekan dan musim liburan. Sedangkan yang menjadi tujuan utama wisatawan untuk menikmati wisata ini adalah pada saat menyaksikan terbit dan tenggelamnya matahari (sunrise dan sunset). Pada waktu itulah anda dapat melihat keagungan ciptaan Tuhan dan akan merasakan betapa nikmat dan indahnya alam semesta ini.
Sejarah Kebun Buah Mangunan
Taman / Kebun Buah Mangunan ini di bangunan oleh pemerintah kabupaten (PEMDA) Bantul pada tahun 2003 silam, Kebun / Taman  ini berdiri di atas lahan seluas sekitar 23 hektar, dan ditanami berbagai jenis pohon yang berbuah diantaranya seperti pohon buah belimbing, rambutan dan juga durian.

Dari sekian banyak keindahan yang ditawarkan di Kebun Buah Mangunan ini ternyata ada satu yang menjadi keunikan tersendiri, yaitu PemDa (dalam hal ini Pengelola) juga memelihara rusa , yang jumlahnya mencapai belasan ekor rusa di lokasi Kebun tersebut. Sehingga hal ini menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung, pengunjung bisa ikut langsung memberi makan Rusa peliharaan yang ada di kebun.
Apabila anda sekeluarga mempunyai waktu luang, sekiranya tempat wisata yang ada di sekitar Kebun Buah Mangunan ini bisa menjadi tujuan selanjutnya, seperti Goa Gajah dan Hutan Pinus Mangunan. Karena lokasi tempat wisata tersebut sangat berdekatan.
Alamat Kebun Buah Mangunan
Kebun Buah Mangunan ini berada di desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten bantul, Yogyakarta.
Rute Manuju Kebun Buah Mangunan
Untuk menuju ke tempat wisata Kebun Buah Mangunan ini tidak terlalu sulit, karena lokasinya tidak begitu jauh dari Kota. Untuk menuju lokasi tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit dari Kota Yogyakarta.
Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan
Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata Kebun Buah Mangunan ini Anda bisa menikmati fasilitas yang ada dengan membeli tiket masuk sebesar Rp 5000 /orang, sangat murah sekali bila dibandingkan dengan keindahan alam yang di suguhkan.

2 comments: