Sunday, February 5, 2017

kebun binatang Gembira Loka sebuah bonbin faforit di yogyakarta

Gembira Loka Yogyakarta, Sebuah kebun binatang yang menjadi faforit

Kebun Binatang Gembira loka berada di area tanah seluas 20 hektar ini mempunyai lebih dari 100 spesies satwa diantaranya 61 spesies flora. Selain pemandangan berbagai hewan dan kandang untuk koleksi satwa, terdapat juga wahana permainan dan juga taman untuk sekedar bersantai. dulunya Gembira Loka merupakan tempat untuk memelihara hewan peliharaan kerajaan keraton Yogyakarta, namun semenjak Sri Sultan Hamengku Buwono IX menjadi raja oleh beliau kemudian dijadikan Kebun Binatang publik yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas.
Kebun binatang Gembira Loka pada awalnya sempat tidak terawat, baik dari segi perawatan satwanya maupun infrastrukturnya sehingga kurang diminati oleh para wisatawan. Namun semenjak ditata dan dibenahi PemDa pada tahun 2010 dengan memperbaiki kandang serta penertiban pedagang, sekarang pengunjung kebun binatang Gembira Loka mengalami peningkatan pesat. Bahkan menurut data Dinas Pariwisata DI Yogyakarta, pengunjung wisata kebun binatang Gembira Loka menempati urutan ketiga setelah Malioboro dan Keraton Yogyakarta.
Alamat Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta
Kebun Binatang Gembira Loka berlokasi di Jalan Kebun Raya No. 2 Kota Gede, Yogyakarta.
Rute Menunju Gembira Loka yogyakarta
Untuk bisa sampai di kebun binatang Gembira Loka bisa diakses dengan semua model transportasi darat, pengunjung bisa menggunakan bus TransJogja dimulai dari terminal Giwangan dengan waktu hanya sekitar 20 menit. Jika ingin lebih mudah lagi bisa menggunakan kendaraan pribadi, akan jauh lebih santai yaitu melewati jalan ring road timur kemudian belok ke arah barat (jika dari arah utara: lampu merah kedua dari jembatan layang Janti) memasuki jalan Wonocatur hingga Anda melihat ada jembatan, sebelah jembatan itulah kebun binatang Gembira Loka berada.
Jika Anda berada di jalan Malioboro dan ingin ke Gembira Loka, maka menuju lah ke arah timur yaitu dimulai dari perempatan Malioboro depan kantor pos Indonesia dan berjalanlah lurus kurang lebih 6 km. bila sudah menjumpai jembatan penyeberangan maka tandanya Anda sudah sampai dan akan mendapatkan papan nama Gembira Loka di sebelah selatan jalan.
Jam Buka dan Harga Tiket Masuk
Kebun binatang Gembira Loka dibuka untuk umum setiap harinya dari mulai pukul 08.00-17.00 wib. Harga tiket masuk (HTM) pada hari Senin-Jumat adalah Rp.20.000,-. Sedangkan pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, serta libur sekolah Rp.25.000,-.
Diskon Rombongan:
TK/PAUD atau yang sederajat Diskon 25%
SD s.d SMA atau yang sederajat Diskon 15%
Umum/Mahasiswa Diskon 10%
SLB/Panti Asuhan 50%.
Syarat untuk bisa mendapatkan diskon HTM adalah minimal peserta 25 orang dan ada surat pengantar dari instansi terkait saat kunjungan.

Tempat Parkir
Tersedia tempat parkir di gerbang masuk timur Gembira Loka. Tetapi Pada hari-hari libur, parkiran bisa penuh. Alternatifnya pengunjung bisa parkir di luar area. Namun jangan kaget dan harus hati-hati jika parkir di luar area parkiran Gembira Loka, karena harga parkir di luar Gembira Loka ini cukup fluktuatif, terkhusus pada hari libur terlebih lagi jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi berplat luar Jogja.  Pengalaman seseorang dulu pernah dipatok Rp.15.000,- untuk ongkos parkir mobil di luar area parkir.
 Aktivitas Wisata yang bisa Dinikmati:
1. Melihat Koleksi Satwa.
Banyak satwa yang bisa dilihat di kebun binatang Gembira Loka, sehingga Anda bisa secara langsung mengenalkan kepada anak-anak Anda untuk mempelajari dan menghafalkan nama-nama binatang dengan melihat dan berinteraksi secara langsung.
2. Atraksi Binatang Terampil.
Gelar Satwa Terampil merupakan pertunjukan Satwa yang ada di Gembira Loka Zoo, satwa yang ditampilkan pada pertunjukan seperti burung Kakak Tua Jambul Kuning, Linsang, Beruang Madu, Burung Kangkareng serta Orang Utan. Bagi Pengunjung yang ingin Menyaksikan Gelar Satwa Terampil ini sudah tidak dipungut biaya lagi alias Gratis. Berikut pertunjukannya:
Minggu/Libur: 10.00,11.00, 12.00, 13.00, 14.00, 15.00;
Sabtu: 11.00, 12.00, 13,00, 14.00;
Senin-Jumat: 11.00, dan 13.00.
3. Bermain Wahana Air.
Selain melihat satwa secara langsung, pengunjung juga bisa mengajak pasangan atau keluarga untuk menikmati sensasi serunya permainan wahana air seperti bermain perahu kayuh, sekuter air, perahu banana orca, perahu kataraman dan wahana air lainnya.
4. Naik Kendaraan dan Binatang Wisata.
Di kebun binatang Gembira Loka ini, pengunjung juga dapat bermain menaiki kendaraan wisata seperti kereta mini berkeliling kebun binatang, ATV dan juga naik binatang tumpangan seperti Gajah dan Unta.
5. Terapi Ikan Garra Rufa.
Pengunjung dapat menikmati terapi kaki dengan mencelupkan kaki nya ke kolam dangkal penuh dengan ratusan ikan kecil Garra Rufa, kemudian membiarkan sang ikan bekerja menggigit lapisan kulit mati pengunjung akan merasa geli tanpa rasa sakit.

6. Kolam Tangkap Ikan untuk Anak-anak.
Wahana Kolam Tangkap ini dikhususkan untuk anak-anak sampai dengan usia 10 tahun. Kedalamannya hanya 30 cm  yang berisi ikan-ikan kecil untuk ditangkap anak-anak, dan ikan hasil tangkapan anak-anak tersebut boleh di bawa pulang untuk dipelihara, sedangkan untuk yang tidak berhasil menangkap ikan, petugas sudah menyediakan bungkusan ikan-ikan untuk dibawa pulang. Tarif bermain di wahana Kolam Tangkap tersebut Rp.10.000/anak.
 Dan masih banyak lagi yang lainnya.
 Tips Berwisata ke BonBin Gembira Loka
1. Jagalah anak-anak anda selama di area kebun binatang Gembira Loka untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
2. Berangkatlah pagi hari agar anda dan keluarga dapat menikmati fasilitas yang ada di kebun binatang Gembira Loka dengan puas dan leluasa.
3. Bawalah topi sebagai pelindung dari sengatan matahari karena untuk beberapa aktivitas akan sulit untuk menghindari panas matahari di siang hari.
4. Jika Anda berencana mengajak anak-anak untuk bermain di kolam tangkap ikan, sebaiknya membawa pakaian ganti dan handuk untuk berbilas.
Kuliner di Area Kebun Binatang Gembira Loka
Untuk urusan perut, anda jangan khawatir dan tidak perlu repot-repot membawa bekal makanan dari rumah karena di lokasi area Kebun Binatang Gembira Loka banyak penjual makanan dan minuman, Harga makanan yang dijual di warung-warung makan food corner Gembiraloka cukup bersahabat dengan saku anda. Sebagai patokan, harga satu porsi bakso Rp.8.000,- dan es teh Rp.3.000,-
Hotel dan Penginapan terdekat Gembira Loka Yogyakarta
Ada banyak hotel yang bisa anda gunakan untuk menginap bila anda memang berencana untuk menginapa di lokasi sekitar tempat wisata kebun binatang Gembira Loka karena memang lokasinya masih di dalam kota. Tetapi harganya cukup menguras isi saku anda, yakni dengan harga Rp.250.000,-/malam. Anda bisa mencari booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “kota gede“.


No comments:

Post a Comment