Monday, February 13, 2017

Wisata Memacu Adrenalin River Tubing di Sungai Amprong Wringinanom Malang

River Tubing di Sungai Amprong Wringinanom Malang Jawa Timur


River tubing adalah sebuah kegiatan yang berada di aliran Sungai Amprong dan masih berada di kawasan sebelah barat dari lereng Gunung Semeru. Wisata yang termasuk sedikit ekstrim ini tempatnya berada di Dusun besuki, dan masuk di Desa Wringinanom, dan termasuk di wilayah Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Berjarak kurang lebih sekitar 7 kilometer bila di tempuh dari pusat kota Poncokusumo atau sekitar kurang lebih 3 kilometer dari rest area yang berada di Gubugklakah, yaitu tempat para wisatawan yang ingin berwisata ke Gunung Bromo. Di bagian hulu dari Sungai Amprong ini ternyata memiliki karakteristik air yang sangat jernih bahkan bisa untuk mengambil gambar kita sendiri, dan di area ini juga terdapat wisata alam Coban Pelangi yang berlokasi di Desa Gubugklakah.Tubing ini juga hampir sama dengan arung jeram atau juga disebut rafting.
Jika kegiatan rafting biasanya menggunakan perahu karet, tetapi berbeda dengan tubbing dan terkhusus tubing ini menggunakan ban atau tubbing sebagai alat utamanya. Para wisatawan bisa naik di atas ban tersebut dengan menggunakan jas pelampung yang digunakan untuk alat pelindung yang berupa jaket apung, lalu ada juga helm, serta memakai pelindung kaki dan juga tangan. tubing ini ternyata sedikit mirip dengan wahana yang ada di Gua Pindul, kota Yogyakarta. Namun menjadi pembedanya adalah, tubing yang ada di Malang ini sedikit lebih menantang karena arus yang di miliki  sungainya agak cukup deras. Selain itu, pemadangan yang ditawarkan wisata tubing tersebut masih sangat asli dan juga memiliki hawa yang sejuk. para wisatawan pada umumnya bisa menikmati serunya berpetualang dengan  menyusuri arus Sungai Amprong yang cukup deras dan memiliki warna air yang sangat jernih yang berasal dari mata air alami pegunungan diatasnya. Tak hanya itu saja, di sepanjang Sungai Amprong ini terdapat banyak sekali bebatuan alami yang juga ikut menciptakan arus kuat sehingga menimbulkan sensasi baru dari petualangan yang pasti tidak akan pernah terlupakan bagi siapapun para pengunjung yang datang di area ini.

Alamat Wisata River Tubing Sungai Amprong Wiringanom Jawa Timur
Wisata tubing wiringanom ini beralamatkan dijalan Raya Desa Wringinanom, Dusun Kunci, Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Malang, Jawa Timur, Indonesia. Berikut titik GPS dan juga peta
@-8.032299,112.8018553
Rute Menuju ke Wisata River Tubing Sungai Amprong Wringinanom Malang
sedangkan rute jalan menuju ke river tubing di Malang ini bila di mulai dari pusat kota malang, maka yang harus anda lakukan adalah menuju ke Pasar Tumpang dahulu, kemudian anda harus terus melanjutkan ke lokasi coban pelangi atau dapat juga menuju ke arah jalan yang ke arah gunung bromo. Sampai di tempat peristirahatan yang berada di ngadas, kurang lebih berjarak 2 Km ada tempat rafting yang ada di sebelah kiri jalan. namun disini cuma bisa untuk rafting belaka, kalau untuk kegiatan tubing masih berada di bawahnya, yaitu di dusun besuki. nah kemudian pengunjung bisa turun mengikuti jalan yang menuju ke dusun besuki, setelah berjalan sebentar sampailah anda di tempat wisata River Tubbing Wringinanom ini.  
Harga Tiket Masuk ke Wisata Tubing Sungai Amprong Wringinanom Malang Jawa Timur
Untuk melakukan wahana tubing yang ada di wringinanom ini terdapat tiga paket tarif yang berbeda serta fasilitas yang tersedia, dan oleh pengelola river tubing ini membedakan hal hal tersebut sebagai berikut: Untuk paket trip yang pertama tarifnya adalah Rp 100.000 yaitu para pengunjung akan melewati aliran sungai dengan panjang jalur penyusuran kurang lebih sekitar  4,5 km dan durasi waktu dari rintangan ini akan memakan waktu sekitar 2 jam. Paket yang kedua memiliki tarif harga Rp 80.000, setiap pengunjung yang berada di paket yang ini akan melakukan penyusuran sungai yang memiliki panjang jalur sekitar 2,5km dan akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam. Sedangkan paket yang ketiga dengan tarif Rp 40.000 dengan panjang penyusuran jalur kurang lebih 1,5 km dan menghabiskan waktu sekitar 45 menit.
Wisatawan dengan paket 1-3 semuanya akan mendapatkan fasilitas yang sama yaitu berupa helm, pelampung (life vest), di bekali dengan sepatu, dan juga berupa ban karet yang di gunakan selama mengarungi sungai tersebut. Derasnya arus dari sungai ini membuat pelaku River Tubing harus selalu waspada dan juga besarnya bebatuan alami yang terdapat di tengah tengan sungai di sepanjang jalur Tubing dan tentu akan memacu adrenalin pengunjung.
Kuliner yang terdapat di Wisata Tubing River Wringinanom
Bagi pengunjung yang sudah ada rencana pergi berwisata ke Wisata Tubing Wringinanom ini maka tidak usah khawatir dan risau masalah makanan dan sejenisnya / tentang kuliner, tidak usah repot repot membawa bekal dari rumah. Karena pihak pengelola wisata sudah menyiapkan sebuah fasilitas + makan siang yang ada di semua paket rafting yang ditawarkan pihak pengelola. Selain itu, di sekitar kawasan areaTubing Wringinanom ini sudah tersedia banyak sekali pedagang yang menjajakan berbagai macam jenis olahan makanan. Bermula dari yang sekedar cemilan ringan, bahkan sebuah makan berkelas yang memiliki harga yang cukup mahal, hingga berbagai pilihan menu minuman juga tersedia di sekitar lokasi kawasan wisata, semuanya di tawarkan untuk kenyamanan dari semua pengunjung, untuk masalah harga tidak usah khawatir anda bisa memilih sesuai dengan harga yang anda inginkan.
Hotel di Sekitar Wisata Tubing Wringinanom Malang
Untuk urusan istirahat pun jangan resah, pengunjung hanya perlu menuju ke desa sekitar dan bertanya ke penduduk/warga sekitar karena biasanya mereka akan menyewakan rumah mereka untuk ditempati para pengunjung yang ada di wisata Tubing Wringinanom ini, sekiranya perlu diketahui bahwa harga yang warga tawarkan pun sangat murah dan seperti biasanya tempat yang di tawarka kepada pengunjung adalah tempat yang bersih dan juga nyaman untuk disinggahi semalaman penuh, berkisar 100 ribu rupiah anda sudah bisa menginap di homestay yang disewakan oleh para warga sekitar.

1 comment: