Tuesday, February 7, 2017

9 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Layak Untuk di Singgahi

9 Tempat Wisata di Jogja yang Membuat Anda Terkagum-kagum

Yogyakarta adalah salah satu kota yang ada di Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan lokal atau pun asing. Dan merupakan kota perbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah bagian selatan, karena kota Yogyakarta mempunyai banyak tempat yang sangat menarik dan mempesona untuk dikunjungi.
Dimana saja tempat yang menarik untuk dikunjungi di Yogyakarta?
Berikut ulasanya:
1. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Candi Prambanan adalah satu dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Yogyakarta yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, karena Candi ini merupakan komplek Candi Hindu yang terbesar di Indonesia. Selain itu, Candi Prambanan juga dilengkapi adanya relief yang diukir mengelilingi candi yang menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana.
Candi Prambanan ini berlokasi sektiar 17 KM dari pusat kota Yogyakarta. Bilamana wisatawan ingin menuju Candi Prambanan tetapi tidak membawa kendaraan pribadi, untuk mencapai Candi Prambanan wisatawan cukup menggunakan angkotan umum dan turun di halte Prambanan, begitu mudah untuk sampai Candi Prambanan.
2. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis merupakan pantai yang paling terkenal di Yogyakarta, sehingga Pantai Parangtritis ini sangat layak disebut sebagai salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang selalu dikunjungi. Berlokasi kira kira 25 KM di selatan dari pusat kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis adalah pantai yang berlokasi di tepi Samudra Hindia sehingga memiliki karakter dengan ombak dan arus yang cukup kuat dan besar. Keindahan dari Pantai Parangtritis adalah terdapatnya bukit pasir yang disebut gumuk atau gundukan di sekitar pantai. Apabila anda ingin satu pengalaman yang berbeda, anda dapat merasakan bermain paralayang di Bukit Parangdong, Pantai Parangtritis.
3. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro
Malioboro merupakan sebuah jalan di Yogyakarta, jalan ini sangatlah terkenal dan sangat ramai terlebih sore menjelang malam dan menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib di kunjungi. Bahkan untuk berfoto di penanda jalan Malioboro saja pengunjung sering kali mengantri dengan pengunjung yang lain.
Apa yang membuat jalan ini menjadi terkenal?
Tentu saja karena begitu banyak penawaran yang tersedia di lokasi jalan Malioboro. Jalan Malioboro menawarkan pengalaman wisata belanja dan wisata kuliner yang tak ada habisnya. Pada siang hari, di sepanjang Jalan Malioboro anda akan menemukan banyak sekali penjual pakaian, tas, sandal, gantungan kunci, kerajinan tangan, batik, aksesoris, dan barang-barang unik lainnya yang dapat dibeli dengan harga murah. Sedangkan pada malam hari, anda akan menemukan banyak sekali penjual makanan lesehan khas Yogyakarta di sepanjang Jalan Malioboro.
Hal yang paling banyak di sukai para wisatawan di Jalan Malioboro adalah adanya beberapa orang yang berpakaian unik, misalnya berpakaian seperti prajurit, pocong, zombie, dan masih banyak yang lainnya. pengunjung dapat berfoto dengan mereka dengan biaya sukarela.
4. Goa Jomblang

Goa Jomblang
Goa Jomblang adalah sebuah goa wisata yang berlokasi di Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa Jomblang merupakan goa vertikal yang memiliki sebuah hutan purba yang ada di dalamnya. Selain itu, apabila anda datang ke Goa Jomblang pada jam 10 sampai dengan jam 12 siang, anda akan dapat menikmati indahnya cahaya sinar matahari yang menembus goa yang sering juga disebut sebagai cahaya surga. Keindahan dan keunikan dari Goa Jomblang membuat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata faforit di Yogyakarta yang tentunya wajib dikunjungi.
5. Arung Jeram Citra Elo

Arung Jeram Citra Elo
Arung Jeram Citra Elo adalah salah satu arung jeram yang ada di Yogyakarta. Arung Jeram Citra Elo adalah arung jeram yang paling cocok untuk keluarga, bahkan untuk pemula karena arusnya yang tidak berbahaya bila dibandingkan dengan sungai lain di sekitar Yogyakarta. Selain itu Arung Jeram Citra Elo juga dapat dinikmati kapan saja, tidak seperti sungai lain di Yogyakarta yang kebanyakan hanya dapat diarungi pada saat musim musim tertentu yaitu musim hujan saja.
6. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Keraton Yogyakarta merupakan sebuah bangunan bersejarah kesultanan Yogyakarta yang ditinggali oleh Sultan beserta keluarganya. Selain dapat melihat bengunan arsitektur kesultanan kuno, pengunjung juga dapat melihat ke museum yang memiliki koleksi barang-barang kesultanan Yogyakarta yang sebagian besar merupakan hadiah dari raja Eropa. Apabila anda ingin datang mengunjungi tempat wisata ini, datanglah lebih pagi karena Keraton Yogyakarta buka dari jam 8 pagi sampai dengan jam 2 siang saja.
7. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka
Kebun Binatang Gembira Loka adalah sebuah tempat wisata faforit keluarga di Yogyakarta yang memiliki banyak koleksi spisies hewan dari berbagai belahan dunia. Selain dapat melihat dan berinteraksi langsung dengan berbagai jenis hewan seperti selayaknya kebun binatang pada umumnya, pengunjung juga dapat bermain di berbagai wahana permainan juga terdapat di dalam Kebun Binatang Gembira Loka. Wahana permainan yang terkait di dalam di Kebun Binatang Gembira Loka yaitu kolam tangkap ikan, sepeda air, ATV, perahu kayuh, menunggang gajah, menunggang onta, dan lain-lain. Sedangkan untuk masuk ke Kebun Binatang Gembira Loka adalah 25,000 Rupiah /orang.
8. Gunung Merapi

Gunung Merapi
Gunung Merapi merupakan salah satu gunung yang masih aktif di sekitar Yogyakarta. Gunung Merapi ini adalah gunung yang paling terkenal di Yogyakarta, dan gunung ini merupakan salah satu lokasi favorit para pecinta alam yang hobi dengan pendakian gunung dan menikmati keunikan serta keindahan matahari terbit dari puncaknya. Harga tiket masuk kawasan wisata Gunung Merapi adalah 3,000 Rupiah /orangnya.
9. Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari
Istana Air Taman Sari adalah sebuah tempat rekreasi dan meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta pada jaman dahulu. Selain itu, Istana Air Taman Sari juga digunakan sebagai benteng bertahan terhadap musuh yang menyerang. Saat ini, Istana Air Taman Sari adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang terkenal karena keunikannya. Udara di sekitar Istana Air Taman Sari juga berhawa sejuk karena terdapat beberapa kolam buatan disertai dengan taman bunga yang berbau harum. Harga tiket masuk Istana Air Taman Sari adalah 5,000 Rupiah /orangnya.

No comments:

Post a Comment