Sunday, February 26, 2017

Danau Camoi Aek Biru, menikmati keindahan alam di bangka

Berwisata ke Danau Camoi Aek Biru Bangka, Melihat Keindahan Alam
Saat berada di provinsi Bangka Belitung rasanya tidak sempurna kalau tidak sekalian berwisata menikmati tempat tempat yang indah yang di miliki daerah tersebut, salah satu yang menjadi faforit dari masyarakat kota ini adalah memiliki danau yang sangat indah, sebut saja Danau Kaolin dan Danau Camoi Aek Biru. Banyak para wisatawan dan para pendatang yang berkunjung ke Danau Kaolin mereka rata rata mengatakan Danau Kaolin adalah sebuah danau yang sangat indah. Akan tetapi danau sama indahnya juga ternyata dapat anda temukan di Bangka.

Saking indahnya danau yang dimaksud tersebut akan sangat cocok di jadikan tempat untuk menghilangkan rasa lelah bahkan sekedar bersantai menikmati panorama keindahan yang ditawarkan Danau ini, mengisi hari libur bersama keluarga. Jadi wisatawan yang datang tak hanya disuguhi panorama menawan akan tetapi juga dapat bermain-main bahkan berenang. Banyak dari masyarakat yang berkata kalau air Danau Camoi Aek Biru dapat membuat kulit lembut dan halus. Orang yang senang dengan hobi fotografi, pasti cocok datang ke lokasi ini, karena banyak spot menarik yang dapat diabadikan dalam sebuah foto. Perpaduan dari air danau yang kebiruan dengan dinding batu putih laksana salju. Perpaduan warna yang begitu mempesona. Makanya Danau Camoi Aek Biru sering dipilih oleh pasangan yang hendak melakukan foto pre wedding. Untuk wisatawan yang ingin datang kemari, disarankan pada pagi atau sore hari. Karena kalau pada waktu siang hari, hawa anginnya sangat panas, terlebih di sini jarang pepohonan.
Camoi Aek Biru berada di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Banga Belitung. Sesuai dengan namanya, air di danau ini berwarna biru. Camoi Aek Biru berjarak 50 km dari Pangkalpinang dan akan menghabiskan waktu perjalanan kira-kira satu jam. Mencapai di lokasi wisata yang satu ini amat mudah. Beberapa meter sebelum masuk pemukiman Desa Air Bara, arahkan kendaraan ke barat dan sampai pada perempatan Simpang Bemban. Nah, beberapa ratus meter dari simpang tersebut, di bagian kiri jalan terdapat pancaran cahaya biru indah yang berkilau karena pantulan sinar matahari dapat kita lihat. Itulah Camoi Aek Biru.

Berbeda dengan Danau Kaolin yang merupakan bekas tambang kaolin, Camoi Aek Biru adalah bekas dari galian tambang timah.
Sejarah Terjadinya Danau Camoi Aek Biru
Sesuai dengan namanya danau ini berbentuk sebuah lubang yang sangat lebar atau kolong dalam sebutan warga sekitar. Lubang tersebut adalah bekas dari galian tambang timah. Pertambangan timah yang ada di Pulau Bangka ini ternyata menimbulkan masalah baru yang seolah tidak ada jalan keluarnya dan tentunya tidak mendapat perhatian. Yaitu adanya lubang bekas penggalian timah. Lubang-lubang kecil bekas galian banyak kita temui di setiap sudut Pulau Bangka. Lubang kecil itu ada beberapa yang memang menarik dan mempunyai panorama indah yang menarik untuk dikunjungi. Akan tetapi, bagaimana pun bentuknya, yang namanya kerusakan tetaplah kerusakan yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Kembali lagi membahas ke wisata Camoi Aek Biru. Pemandangan Danau Camoi Aek Biru yang mempesona, sangat cocok untuk di abadikan dengan jepretan kamera dalam sesi foto bersama keluarga. Aek Biru berasal dari dua kata yaitu ( Aek ) dan ( Biru ) yang berarti air biru. Dalam bahasa melayu (logat melayu Bangka Selatan) kata air memang disebut dengan aek, sekarang ini Danau Camoi Aek Biru disulap menjadi salah satu destinasi wisata alam yang selalu ramai pengunjung tidak pernah sepi wisatawan, apalagi di musim liburan. Pesona airnya yang benar-benar biru menyala dan terang. Membuat mata jadi silau.
Selain berjalan jalan atau memotret dan menikmati keunikan serta keindahan Camoi, tidak sedikit pula para pengunjung yang langsung menyeburkan diri ke danau dan berenang. Padahal tidak di ketahui apakah kandungan air di danautersebut berbahaya atau tidak. Selain faktor itu, juga bisa membuat lebih cepat kerusakan dari keindahan Camoi. Wisata Camoi Aek Biru ini termasuk tempat wisata yang punya potensial dan perlu perawatan khusus dan juga butuh sentuhan tangan yang bertanggung jawab supaya keindahannya tetap terjaga sepanjang masa. sedangkan Untuk keselamatan semua pengunjung, alangkah baiknya diberi pagar berupa papan kayu di sekitar Camoi untuk menghindari bahaya pengunjung yang kemungkinan bisa tercebur ke Camoi. Dan supaya air Camoi tetap biru bersih, sebaiknya juga di pasang larangan wisatawan mencebur dan mandi. Bukan untuk apa-apa. Semuanya bertujuan agar wisata alam Camoi Aek Biru tetap terjaga dan tidak rusak begitu saja dan sia sia.

Rute Perjalanan ke Danau Camoi Aek Biru
Wisata alam Danau Camoi Aek Biru ini berada di desa Air Bata yaitu kurang lebih berjarak 50 km dari Pangkalpinang dan memerlukan waktu kira-kira satu jam. Untuk sampai di lokasi wisata yang satu ini amat mudah. Beberapa meter sebelum masuk pemukiman Desa Air Bara, beloklah ke barat sampai di perempatan Simpang Bemban. beberapa ratus meter dari situ, di bagian kiri jalan pancaran biru indah yang berkilau karena pantulan sinar matahari dapat kita lihat. Itulah Camoi Aek Biru.

1 comment: