Wednesday, March 22, 2017

Marcopollo Water Adventure di Bogor, Berpetualang Air Seperti Ketika masih kanak kanak

Marcopolo Water Adventure, berwisata sambil berpetualang

Marcopolo Water Adventure adalah sebuah nama tempat wisata air yang sangat populer di kota hujan. Lokasinya berada di tengah perumahan Bukit Cimanggu City (BCC), Tanah Sareal, Bogor. Marcopolo adalah diambil dari nama seorang petualang terkenal dari Venesia di abad ke-13 Masehi. Adventure sendiri berarti petualangan dalam bahasa Inggris.
pembuatnya ingin menawarkan kepada para pengunjung terlebih kepada keluarga, untuk mendapatkan nikmat berpetualang selama berwisata. Bisa juga ide sipencetus membuat dasar konsepnya dari imajinasi anak-anak yang sering membayangkan dirinya menjadi seorang petualang tangguh.
  
Sudah biasa bagi sekelompok anak berenang disungai, “ngalun” istilahnya dalam bahasa Sunda. Biasanya memakai ban dalam mobil, kadang juga tidak. Sering ditambah dengan adegan-adegan bak film-film petualangan yang banyak ditayangkan televisi dimasa itu seperti meloncat dari tebing yang tinggi ke dalam sungai, bergelantungan.
Hal-hal itu sekarang tinggal kenangan dikarenakan sungai-sungai di Bogor saat ini tidak bisa bisa lagi dipakai untuk berenang dan bersenang-senang. Bukan hanya kotor penuh sampah tetapi juga karena sudah banyak pemukiman warga.
Mungkin menangkap kesempatan dalam kesempitan di masa sekaranglah beberapa tempat wisata mencoba menawarkan konsep “petualangan” di taman hiburan mereka. Bisa disebut keberadaan “the Jungle” dan “Jungleland”, dua nama lain yang juga coba memenuhi imajinasi anak-anak tentang rasanya berpetualang.
berpetualang di Marcopolo Water Adventure
pengunjung bisa menikmati keindahan berpetualang di Marcopollo Water Adventure seperti di alam bebas dan merasakan suasana dan rasanya ketika anda berada di alam liar.
Jangan takut dengan masalah keamanan karena keamanan adalah salah satu hal yang sangat diperioritaskan. Petugas pengaman akan berlalu lalang memperhatikan keamanan pengunjung selama disana. Meskipun demikian, anak-anak anda bisa tetap merasakan menjadi si bolang selama bermain dilokasi. Tentu dalam lingkungan yang aman seperti yang diharapkan para pengunjung.
Sesuai dengan namanya, tempat ini di-setting agar pengunjung bukan hanya sekedar berenang. Bentuk kolam-kolam didalamnya tidak datar.

Ada bagian yang berbentuk tebing dengan air terjun bagi pengunjung yang suka merasakan berdiri di bawah sebuah curug (air terjun). Tidak luput disediakan kolam berbentuk terowongan agar anak-anak bisa “bertualang” di dalam sebuah gua bawah air.
Suasana di dalam Marcopolo Water Adventure pun dipenuhi berbagai ornamen agar kesan petualangan lebih terasa. Kehadiran seorang “Neptunus”, sang dewa laut di atas singgasananya terlihat di salah satu sudut. Sosok-sosok bala tentaranya seperti , ikan paus , penyu, kuda laut, gurita , penguin dan kodok, (kodok termasuk pasukan tentara laut Neptunus) Tentu saja semua sosok tersebut bukan binatang asli. semua figur tersebut adalah patung yang ditambahkan agar pengunjung bisa mendapat “kesan” seperti sedang bertualang.
Nuansa tersebut dikentalkan dengan tambahan berbagai permainan ala wisata air yang sedang ‘ngetren‘. Terdapat beberapa waterboom alias perosotan melingkar mengarah ke dalam kolam. Ember besar yang terus menerus menumpahkan air termasuk dalam permainan yang ada di Marcopolo Water Adventure. Bagi anda yang senang disemprot dengan air, ada kodok, angsa, dan terumbu karang yang bisa menyemburkan air dalam jeda waktu tertentu.
Mengingat tempat ini berada di dalam Country Club dari perumahan Bukit Cimanggu City, settingan bangunanya pun menyesuaikan. Berada disana seperti berada dalam hacienda (rumah bergaya Spanyol/Meksiko).
Ornamen bangunan disana masih ditambah dengan berbagai pilar dan bangunan penunjang bergaya Romawi. Tidak lupa pepohonan dari berbagai jenis menyebar di berbagai sudut. Terlihat mulai dari pohon palem yang menjulang tinggi hingga pohon Kamboja. Kesemuanya memang seperti ingin memberi kesan kepada pengunjung bahwa mereka bukan hanya sekedar berada di kolam renang.

Tiket masuk untuk menikmati Marcopolo Water Adventure
Apabila keluarga anda bisa tertawa riang dan bergembira selama berada ditempat wisata. Hal tersebut bisa membuat anda merasa tarif berapapun akan terasa murah.
Besaran biaya untuk menikmati suasana Marcopolo Water Adventure adalah sebesar Rp. 45,000.- per orang di hari biasa. Pada hari libur atau akhir pekan tiket masuk menjadi Rp. 60,000.- per orang.
Tarif tersebut belum termasuk Rp. 2,000.- tarif parkir untuk sepeda motor untuk 2 jam pertama dan Rp. 3,000.- sebagai tarif maksimum. Untuk mobil, tarif parkir adalah Rp. 3,000.-/mobil dengan maksium Rp. 5,000.-/mobil.
Fasilitas lain di Marcopolo Water Adventure
Masih ada beberapa fasilitas lain yang tersedia di lokasi wisata air ini. Bisa disebut Cafetaria bagi anda yang merasa lapar setelah bermain air. Tempat ganti yang sangat bersih dan rapih. Ada satu fasilitas yang menarik. Selama berwisata, terutama hari libur atau akhir pekan anda akan juga dihibur dengan live performance atau live music .
Penampilan sekelompok pemusik dan alunan suara mereka bisa anda nikmati sambil bermain air. Berbagai jenis lagu, mulai dari yang oldies sampai yang modern akan mengiringi anda selama berekreasi di dalam kolam.
Ada satu pemandangan yang menarik yang mungkin tidak bisa dilupakan setiap pengunjung yang pernah datang ketempat ini, yaitu sebuah teras yang bersebelahan dengan danau buatan yang Danau ini sering dipergunakan sebagai arena berolahraga atau senam bersama atau kegiatan lain oleh para penghuni perumahan Bukit Cimanggu City.
Fasilitas yang nyaman, keamanan yang terjamin, jenis permainan yang bermacam mungkin tidaklah bisa memberikan “debaran” ketika hendak melompat dari tebing ke air sungai yang berwarna coklat di masa lalu.
Tidak akan pernah bisa menggantikan perasaan menjadi Tarzan bergantungan di pohon sebelum melompat ke sungai.
Meskipun demikian Marcopolo Water Adventure bisa memberikan penggantinya. Pengganti dalam bentuk kegembiraan , tawa , keriangan dan keceriaan keluarga ketika bermain disana. Bukankah itu juga tujuan akhir dari sebuah petualangan. Tentu saja dalam bentuk yang lebih modern , nyaman, bersih dan lebih aman. Hal-hal yang selalu menjadi menjadi idaman kita semua.
Rute menuju ke Marcopolo Water Adventure
Kalau anda berangkat langsung lewat Jagorawi, anda harus masuk ke Lingkar Luar Bogor dan keluar di ramp Jalan Soleh Iskandar.
Lurus terus hingga anda melihat Bogor Icon di sebelah kanan. Oleh karena tidak ada putaran balik anda masih harus terus sejauh kurang lebih 1 kilometer. Setelah berbalik BCC akan berada di sebelah kiri anda. Patokannya setelah SPBU Pertamina.
Anda masuk ke dalam kompleks dan akan ada papan penunjuk jalan. Patokannya sebuah patung gelas besar Es Krim yang ada di perempatan di sebelah Marcopolo Water Adventure.

1 comment: