Saturday, March 18, 2017

air panas tirta sanita ciseeng bogor, pemandian air panas yang menyehatkan

Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor, sebuah pemandian yang mengesankan

Di kota Bogor ternyata ada Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng memang tempat ini terdengar asing ditelinga sampai-sampai tidak ada niatan untuk pergi ke sana. Tidak pernah terlintas bahwa ada fasilitas sumber air panas yang cukup baik, hanya menghabiskan waktu sekitar 40 menit dengan berkendara dari tol keluar Serpong, Tangerang, sedikit ke luar Kota Jakarta. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng ada di Desa Ciseeng, Parung, Bogor. Tidak jauh dari Jakarta.
Setelah masuk pengunjung akan disuguhi betapa indahnya pemandangan didalam area pemandian ini, setelah gapura ada loket pembayaran karcis masuk, lepas itu pengunjung akan melewati sederetan pohon Palm Raja yang anggun dan  dengan area bermain anak cukup luas di sisi sebelah kiri jalan, juga ada beberapa kios sederhana di sisi sebelah kanan yang menawarkan sejumlah koleksi ikan Cupang (Betta splendens). Ikan-ikan kecil yang cantik ini memiliki bentang sirip sangat lebar dengan warna-warni sungguh indah.
ada yang menarik di tempat pemandian ini, yaitu di tempat ini terdapat bak rendam VIP yang hanya boleh dimasuki oleh satu orang saja meskipun untuk suami istri, bukan kenapa kenapa hanya untuk menghindari kesan buruk.

Setiap pengunjung sebaiknya berendam selama tidak lebih dari 15-20 menit saja dalam air hangat yang mengandung belerang ini. Air panas yang mengandung belerang ini dipercaya bisa membuat halus kulit serta menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Untuk pengunjung yang ingin berendam di dalam bak VIP akan dikenai biaya 10,000 /orang untuk sekali rendam.
Sehabis berendam di bak mandi di VIP, setiap pengunjung akan mendapat sebotol air dingin untuk menyegarkan tenggorokan. Untuk melakukan pembilasan di dalam ruangan kamar juga terdapat Keran air tawar yang di sediakan di dalam kamar VIP ini, meskipun sebaiknya tidak dibilas selama beberapa jam untuk mendapatkan hasil lebih baik. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal seperti melunturkan penyakit kulit dan kulit tampat lebih halus anda harus melakukan perendaman di pemandian air panas secara teratur.
Pemandangan indah terdapat pada bukit kapur putih dengan tekstur indah, dimana awal sumber Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng itu dahulu mulai mengalir sampai sekarang. Fasilitas untuk kegiatan outbound juga tersedia di dalam areal Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, termasuk flying fox yang ada pada ujung lintasan tali panjat, dengan biaya Rp.25.000 per orang.

Untuk menuju Puncak bukit kapur bisa diakses melalui jalan setapak untuk mendapatkan posisi cukup indah untuk memandang ke seluruh lokasi pemandian, juga ada kolam air panas kecil di atas sana. Selesai mandi pengunjung bisa berjalan menuju bukit kapur tersebut. Beberapa pohon besar dengan daun sangat rindang di perbukitan kapur mampu melindungi pengunjung dari panas matahari.
Batuan kapur dengan tekstur unik terbentuk secara alami selama bertahun-tahun karena aliran air panas mengandung belerang dan mineral lainnya menjadi pemandangan yang sangat unik dan mempesona. Tempat tersebut bukan terdapat di lokasi utama Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, namun di perbukitan seberangnya, dipisah oleh tempat parkir kendaraan.
Di atas area parkir itu, juga terdapat pemandian air panas terbuka dan lokasinya cukup kecil anda bisa menikmatinya dengan mendaki bukit tersebut melalui jalan setapak yang sederhana. Tempat tadi bisa anda temukan pada kunjungan kedua. Dengan Tiket masuk yang lebih murah, dan tanpa ketentuan waktu berendam sebagaimana berlaku di lokasi utama.
Jika anda ingin berendam lebih lama di air panas berbelerang dengan ongkos lebih murah, maka pemandian bak terbuka di perbukitan tadi bisa menjadi pilihan, setelah berkunjung dan berendam pemandian air panas utama, anda bisa juga mencicipi Soto dan Mie di area parkir. Anda bisa mencari warung warung sederhana yang berjejeran di area pemandian.
Meskipun area tempat parkir yang di miliki Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng sangat luas, namun pada waktu akhir pekan serta hari libur nasional area parkir tersebut bisa saja sangat padat. Mungkin anda akan mengalami sedikit kesulitan untuk mendapatkan tempat parkiran jika datang terlalu siang, karena banyak orang akan berkunjung ke tempat ini.
Alamat Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng
Alamat wisata alam pemandian Air Panas Tirta Sanita: Desa Ciseeng, Kecamatan Parung, Bogor Kabupaten. Telp 0251-8542551, Fax. 0251-8542550. Lokasi GPS-6.431241, 106.694972.
Jam buka 07.00 – 20.00.
Tiket Masuk Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng
Untuk merasakan air panas yang terdapat di Pemandian Tirta Sanita pengunjung akan dikenakan Harga tiket masuk sebesar Rp.6.000.
Untuk masuk ke dalam area pemandian, pengunjung dewasa hanya perlu membayar Rp.5.000 / orang, dan Rp.6.000 untuk akhir pekan, sedangkan anak hanya dikenakan tiket masuk Rp.3.500.
Rute ke Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng
Untuk sampai ke lokasi pemandian, gunakan tol JORR, dan keluar di pintu tol Serpong. Lanjutkan perjalanan Sampai di pertigaan pertama belok kanan ke arah Puspitek Serpong. Lalu Mentok jalan, belok kiri ke arah Parung. Setelah di pasar Parung terus lurus, sampai menemukan POM bensin disebelah kiri. Beberapa meter dari pompa bensin tersebut akan terlihat papan nama Tirta Sanita di kiri jalan.
Kuliner di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng
Untuk urusan makan tidak usah khawatir, di lokasi pemandian Air Panas Tirta Sanit sudah banyak Warung makan sederhana yang berjejer di sekitar pepohonan, dan terdapat pula restoran cukup nyaman di bagian tengah area Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng. Bahkan Pada pinggang bukit juga terdapat aula kecil tempat bermain bagi anak-anak. Juga Setiap akhir pekan pengunjung akan terhibur oleh pertunjukan musik langsung, kebanyakan dangdut dan pop.

1 comment: