Saturday, March 18, 2017

danau Situ Gede Bogor, sebuah alam yang tiada duanya

Danau Situ Gede, Tempat Wisata Air di Bogor Yang Menakjubkan

Bogor adalah kota yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, karena kota ini banyak sekali mempunyai tempat yang bisa di jadikan tempat untuk berwisata.
Danau situ gede atau biasa di sebut Danau situ ageng oleh masyarakat sekitar. Danau kecil ini mepunyai luas 6 hektar dan mempunyai kedalaman air hingga mencapai 6 meter. Danau situ gede merupakan tempat wisata yang paling dekat dengan pusat kota bogor hanya berjarak kurang lebih 10km, jadi bagi anda yang berdomisili di kota bogor atau sedang berada di kota ini, maka sempatkan lah berwisata kesini, wisata yang satu sangat cocok bagi yang ingin untuk berwisata atau sekedar bersantai.
Sejarah Danau Situ Gede Bogor
Danau situ gede dahulunya sebelum di jadikan tempat wisata berfungsi sebagai area penyimpanan air yang digunakan untuk mengairi sawah disekitaran danau yang meliputi Kec Kawalu, Kec Mangkubumi, Kec Indihiang dan Kec Cibeureum.
Di danau tersebut juga terdapat pulau kecil di tengahnya dan juga terdapat makam Eyang Prabudilaya yang merupakan tokoh penguasa yang melegenda bagi masyarakat Tasikmalaya. danau situ gede ini mempunyai udara yang sejuk karena lokasinya berada di tepi hutan darmaga yang merupakan hutan penelitian yang di kelola oleh Badan Litbang Kehutanan milik Departemen Kehutanan.

Dengan Berkunjung ke danau ini anda dapat menikmati sejuknya udara danau dari prahu, memancing , dan berjalan di sekitar danau yang kelilingi hutan yang rimbun. Dengan begitu wisata ini cocok sebagai wisata keluarga di bogor yang patut dikunjungi.
Objek wisata  alam Situ Gede kini sangat fenomenal. Jika Anda sedang berkunjung ke Bogor, maka tak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Situ Gede, seperti kita tau Bogor tempat menarik untuk dikunjungi. Kata situ atau Setu berasal dari bahasa Sunda yang artinya adalah danau atau telaga.
Telaga Situ Gede ini berlokasi di tepi hutan Darmaga, yang merupakan sebuah hutan yang dimanfaatkan sebagai tempat untuk observasi. Lokasi dari danau ini berada di Kelurahan Situgedem Bogor, Jawa Barat. Dari telaga ini, Anda dapat menikmati indahnya pemandangan alam yang sangat menakjubkan.
Telaga Situ Gede ini juga telah resmi dinyatakan sebagai tempat wisata atau  simbol baru pariwisata di kota hujan ini. Objek wisata Situ Gede ini kurang lebih memiliki luas yang mencapai 6 hektar. Tak jarang telaga ini dijadikan sebagai tempat rekreasi harian dari para warga Bogor. Biasanya para pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas mulai dari sekedar jalan-jalan sambil menikmati pemandangan alam hingga aktivitas memancing. Selain itu, rimbunan hutan dan danau di area wisata ini juga dimanfaatkan untuk pembuatan film serta sinetron.
Beragam kesitimewaan sudah dimiliki oleh objek wisata Situ Gede ini, mulai dari keindahan danau yang masih asri dipadu dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Tak hanya itu, keistimewaan lainnya adalah pesona wisata ekologinya yang sangat indah. Disini Anda akan disuguhkan beragam jenis tumbuh-tumbuhan alami yang ditambah dengan suasana sejuk nan segar yang khas dari pedesaan.
Sementara itu, suasana sore hari di danau Situ Gede ini  juga mampu menyuguhkan pesona alam yang tentunya tidak bisa dilupakan begitu saja.

Alamat / Lokasi Danau Situ Gede
Danau Situ gede berlokasi di Jl. Cilubang Malang No.37, Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat 16115, Indonesia.
Rute Menuju Danau Situ Gede
Bagi anda yang memanfaatkan kendaraan umum sebagi alat transportasi menuju ke danau situ gede maka anda dapat memakai jasa angkot 3 jurusan baranangsiang – bubulaak dari terminal baranangsiang. Setelah sampai di bubulauk lalu lanjutkan perjalanan dengan menaiki angkot 15 jurusan situ gede bogor atau bisa juga dengan naik ojek.
Dan bagi anda yang menggunkan kendaraan pribadi sebagai alat transportasi menuju tempat wisata ini maka anda dapat mengikuti panduan di papan petunjuk jalan yang tertera di pinggir jalan dan jangan khawatir, karena sudah ada petunjuk jalan tersendiri. Jarak antara objek wisata Situ Gede dengan pusat kota Bogor adalah sekitar 10 km. Sedangkan jaraknya dengan Terminal Bubulak adalah sekitar 3 km. Pada dasarnya kawasan wisata ini lokasinya masih berdekatan dengan situ yang lain, diantaranya adalah Situ Leutik yang kini sudah kawasannya sudah hilang, Situ Panjang, serta Situ Burung. Lokasi dari Situ Burung sendiri berada tepat di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, kabupaten bogor, Jawa Barat.
tiket masuk ke Danau Situ Gede Bogor
Harga tiket masuk dari objek wisata Situ Gede ini sangat terjangkau yakni berkisar antara Rp 2.000 – Rp 4.000, sehingga ini salah satu tempat wisata di bogor yang murah.
Dengan duit segitu murahnya anda bisa menikmati alam yang sangat indah mempesona.
Kuliner di sekitar Wisata Danau Situ Gede Bogor
Bagi pengunjung yang tidak membawa perbekalan makanan tidak usah khawatir, karena di lokasi tempat wisata sudah banyak penjual makanan dan minuman, mulai dari makanan ringan snack dan minuman hangat, jadi pengunjung bisa menikmati pemandangan dengan tenang tanpa takut lapar dan haus.
Selain itu, di sekitar objek wisata ini juga menyediakan banyak kios yang menjual beragam sajian kuliner khas dari kota hujan ini.

No comments:

Post a Comment