Thursday, March 9, 2017

air terjun Sigong magelang, keindahan alam pegunungan

Air Terjun Sigong di Magelang sangat menyejukkan hati
Saat berada di kota Magelang jangan lewatkan waktu anda tanpa merasakan sensasi wisata yang di miliki kabupaten tersebut, karena Kota Magelang mempunya begitu banyak tempat wisata alam yang semuanya memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri. Salah satunya sebut saja wisata Air Terjun desa Kaliangkrik, Kaliangkrik sendiri memiliki dua Air Terjun yang bisa dijadikan tempat wisata untuk meluangkan waktu anda bersama keluarga tercinta.

Air Terjun Sigong, itulah nama sebuah tempat wisata alam yang terdapat di desa Kaliangkrik, memang nama tersebut tidak begitu terkenal dibandingkan dengan nama Air Terjun Silawe, tetapi dibalik ketidak terkenalnya atas nama tersebut ternyata wisata ini memiliki pemandangan yang tidak bisa dianggap remeh, karena memang mempunyai panorama alam yang sangat istimewa, suasana yang sangat sejuk, dingin, serta khas hawa pegunungan membuat lengkap keunikan pemandangan yang dimiliki Air Terjun Sigong.
Tempat wisata Air Terjun Sigong ini berdekatan dengan curug/air terjun Silawe, bahkan ketika berada di curug Silawe pengunjung sudah bisa melihat Air Terjun Sigong. Air Terjun Sigong Hampir mirip dengan Air Terjun silawe namun lebih pendek. Debit airnya juga kurang lebih sama dengan curug silawe. Untuk menikmati tempat wisata Air Terjun Sigong pengunjung bisa menelusuri jalan setapak tidak jauh dari curug Silawe tentunya ditemani dengan hawa dingin khas pegunungan, ikuti terus jalan setapak tersebut dan akan sampai di pusat Air Terjun Sigong.
Jarak antara curug silawe dengan curug sigong bisa di bilang sangat dekat, bisa dilihat langsung bahkan saat pengunjung menuruni anak tangga tadi waktu berada di air terjun Silawe.
Grojogan / air terjun Sigong ini unik, karena debit airnya muncul dari sela-sela tebing yang curam. Hamparan airnya memanjang dan membentuk banyak air terjun mini, Jadi jika pengunjung melihatnya langsung dari dekat akan lebih indah karena di sebelah kanan air terjun yang paling besar diatasnya itu masih ada lagi grojogan kecil lain yang memanjang. Dinding tebingnya juga tidak kalah unik karena berbentuk seperti tumpukan batu alami. Ada beberapa rongga-rongga seperti gua yang berada di sekitar dinding, jadi tempat wisata yang satu ini ada ciri khasnya tersendiri. Di sekelilingnya ditumbuhi tanaman pegunungan dan banyak di tumbuhi tanaman tanaman yang menjalar, sehingga kealamianya akan sangat terasa kental. Aliran airnya juga masih sama segar, sejuk, dan jernih, iyalah namanya juga masih satu komplek dengan curug silawe. Di dekat curug / air terjun sigong ada sebuah bangunan beratap ( bukan gazebo ) yang bisa pengunjung gunakan untuk berteduh. Karena pas berada di anak tangga untuk menuju kelokasi air terjun akan sedikit terkena sempretan jatuhnya air terjun sehingga pengunjung yang menuju kelokasi ini pastilah akan terkena cipratan airnya. Lumayan seger dan dingin pastinya. Dari sini juga ada pemandangan yang cukup menarik, yaitu bisa melihat curug / air terjun yang ada di dekat air terjun Sigong yaitu air terjun Silawe. Tentu setiap pengunjung akan menikmati sensasi yang sensasional.

Objek wisata curug Sigong dan wisata di sebelahnya curug Silawe tersebut bukanlah termasuk obyek wisata baru karena keberadaanya sudah diketahui masyarakat sejak lama, walaupun belum banyak warga diluar sana yang tahu keberadaan curug Sigong. Untuk masalah fasilitas seperti mushola dan toilet disini memang belum ada. Jadi bagi para pengunjung yang hendak sholat bisa mencari masjid atau mushola di area perkampungan sekitar. Tempat wisata ini akan selalu ramai pengunjung kalau pas hari libur dan akhir pekan. Jadi mungkin tempat ini bisa di jadikan tempat tujuan anda untuk berlibur berikutnya bersama keluarga dan kerabat.
Alamat Wisata Alam Air Terjun Sigong Magelang
Alamat Lokasi tempat wisata Air Terjun Sigong ini berada di desa Sutopati, kecamatan Kajoran, Magelang. Atau berada sekitar 20 Km ke arah Barat dari alun-alun Magelang, sama artinya sekitar 40 menit perjalanan. Untuk menuju kelokasi akses jalannya cukup mudah dan bisa lewat Kaliangkrik. Jika dari Magelang kota kita bisa menggunakan jalur Jl. Bandongan - Kaliangkrik. Ikuti saja terus jalan tersebut nanti akan ada papan penunjuk arah ke curug silawe di kanan jalan, sedangkan curug Sigong berlokasi di sebelah curug Silawe.
Kemudian yang dari arah Yogyakarta bisa menggunakan jalan arah Kajoran via jl. Kajoran.
Dari jalan raya anda harus melanjutkan perjalanan lagi menyusuri daerah pedesaan sejauh kurang lebih 7 Km agar dapat sampai ke lokasi air terjun tersebut.

Tiket dan Parkiran Kendaraan
Pengunjung yang datang dan ingin merasakan sensasi alam asli pegunungan berupa air tejun ini akan dikenakan biaya Rp.6.000/orang, biaya tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan anda. Nanti pengunjung akan diberi kertas tiket parkir, simpan tiket tersebut karena nanti saat mau pulang akan diminta lagi sama penjaganya. Dari parkiran tadi lokasi curug / air terjun sudah cukup dekat, hanya sekitar 200 meter saja. Jadi tidak perlu khawatir kehabisan tenaga. Sebelum sampai di lokasi air terjun Sigong, pengunjung terlebih dahulu akan melewati dan mbisa menikmati air terjun Silawe yang posisinya bersebelahan dengan air terjun Sigong.

1 comment: