Monday, March 6, 2017

curug Silawe di Magelang eksotisme panorama pegunungan magelang

Air Terjun / Curug Silawe di Magelang, menyusuri keindahan alam pegunungan
Magelang adalah salah satu daerah yang berada di lereng gunung, makanya membuat Magelang menjadi tempat yang mempunyai wisata alam yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Salah satunya adalah pesona air terjun Silawe yang berada di lereng gunung Sumbing. Jika mendengar kata lawe banyak diantara warga yang langsung berpikir ke curug lawe yang berada di Semarang. Memang, obyek wisata curug lawe Semarang lebih terkenal di bandingkan dengan curug lawe di wilayah lain. Selain Semarang ternyata di Temanggung juga ada curug yang bernama curug lawe.
Tapi kali ini yang di maksud adalah Silawe yang di Magelang. Keindahan Air Terjun Silawe di Magelang tidak di ragukan lagi.

Setiap tempat wisata tentu memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri, tidak menuntut kemungkinan curug/air terjun Silawe yang berada di Magelang. Sepanjang perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam berupa hamparan pegunungan yang sangat mempesona, dengan pemandangan yang indah tentunya bisa menjadi penyemangat untuk menuju ke lokasi. Untuk sampai di lokasi pengunjung harus melalui jalan yang berupa tanjakan dan turunan bahkan berkelok kelok, jadi mesti berhati-hati.
Di sepanjang jalan tersebut pengunjung tidak usah khawatir akan tersesat karena sudah terdapat beberapa papan penunjuk arah menuju ke curug silawe, jadi yang baru pertama kali berwisata ke sini gak usah khawatir salah jalan. Suasana di lokasi Air Terjun Silawe ini sangat sejuk, makanya sangat cocok untuk dijadikan tempat berwisata, bersantai dan me-refresh semua pikiran yang mengganjal di kepala. Datang dan rasakan sensasinya, wisata Air Terjun Curug Silawe sangat nyaman.
Pertama-tama pengunjung harus melewati turunan puluhan anak tangga terlebih dahulu untuk bisa sampai dititik air terjun. Anak tangganya sudah berbeton dan nyaman untuk dilewati. Setelah melewati puluhan anak tangga tersebut sampailah pengunjung di lokasi curug Silawe.

Yang tidak kalah menarik yaitu ada beberapa tempat di curug silawe yang bisa dijadikan lokasi untuk menikmati air terjun, yang pertama dari atas tepat di sekitar anak tangga tadi, saat menuruni anak tangga, ada jalan setapak di kiri jalan, lewati saja jalan tersebut maka akan sampai ke lokasi yang dimaksud. Kemudian berada di depannya persis, atau lebih tepatnya lagi di jembatan penyeberangan. Jadi pas didepan curug silawe ini ada jembatan kecil yang mungkin bisa kamu jadikan tempat untuk bersantai bersama keluarga. Kemudian yang paling indah dari bawah, lebih tepatnya dibawah jatuhnya air. Tapi jangan terlalu dekat dengan jatuhnya air, karena berbahaya.
Alamat dan Rute menuju ke Air Terjun Silawe
Lokasi tempat Wisata Air Terjun Curug Silawe berada di desa Sutopati, kecamatan Kajoran, Magelang. Atau Berada di sekitar 20 Km ke arah Barat dari alun-alun Magelang, yaitu sekitar 40 menit perjalanan.
Untuk akses jalan menuju kelokasi wisata cukup mudah dan nyaman, yaitu bisa lewat Kaliangkrik. Bila dimulai dari Magelang kota pengunjung bisa menggunakan jalur Jl. Bandongan - Kaliangkrik. Dari kota ikuti jalan menuju kaliangkrik, nanti akan menemui papan petunjuk arah yang akan menuntun pengunjung sampai ke tempat wisata tujuan anda.
Kemudian pengunjung yang datang dari Yogyakarta langsung bisa menggunakan jalur Kajoran via jl. Kajoran, lanjutkan lagi menuju kaliangkrik. Dari jalan raya pengujung akan melanjutkan lagi perjalanan anda yaitu menyusuri wilayah pedesaan sejauh kurang lebih 7 Km agar sampai ke lokasi wisata yang dituju.
Tiket dan Parkiran Kendaraan
Untuk bisa menikmati panorama alam yang sangat sejuk menyegarkan ini setiap Pengunjung akan dikenai biaya Rp.6.000/orang saja, ongkos itu sudah termasuk parkir sepeda motor. Nanti pengunjung akan diberi tiket parkir, simpan baik baik tiket tersebut jangan sampai hilang karena nanti saat hendak pulang akan dimintai lagi sama penjaganya. Dari parkiran ke lokasi curug cukup dekat, hanya sekitar 200 meter saja. Jadi tidak usah khawatir kelelahan, dengan hawa yang dingin justru perjalanan akan terasa menyenangkan.

Kuliner di Wisata Air Terjun Silawe Magelang
Jangan resah masalah makanan dan minuman, karena di lokasi wisata Air Terjun Curug Silawe sudah cukup banyak para warga yang mengadu nasib dengan menjajakan dagangan berupa makanan dan minuman di sekitar Curug Silawe. Sebelum pengunjung menuruni anak tangga, disitulah tempat beberapa warung yang menjajakan berbagai makanan, makanan ringan, dan bahkan minuman. Jika anda lupa membawa bekal dari rumah anda bisa membelinya disini terlebih dulu, karena dibawah nanti sudah tidak ada penjual lagi.
Curug silawe mempunyai ketinggian lebih kurang 60 meter, dan berada di ketinggian 5.000 mdpl di lereng gunung Sumbing. Tidak heran hawa disekitar Air Terjun Silawe sangat sejuk serta menentramkan para pengunjung. Sayang seribu sayang di aliran sungainya masih terdapat beberapa sampah yang berserakan, entah itu dari pengunjung atau dari atas air terjun.
Air dari curug silawe didatangkan langsung dari gunung Sumbing. Sehingga masih bersih, jernih, dingin, dan segar. Menurut salah satu narasumber air dari curug silawe ini tidak pernah kering walaupun musim kemarau sekalipun. Kalau debit airnya berkurang mungkin iya sih, tapi kalau kering total tidak. Di sekitarnya banyak terdapat berbagai tumbuhan dari tanaman batu hingga tanaman gunung yang membuat suasana menjadi lebih istimewa. Dibawahnya banyak terdapat bebatuan mulai dari yang kecil serta yang besar juga ada. Kalau ingin turun kebawah ada jalanya sendiri, jalanya berupa jalan setapak tanah liat merah padat tanpa pengaman, sudah pasti licin kalau basah. Jadi kalau anda ingin ke bawah pastikan untuk sangat berhati-hati saat memijakan kaki.

1 comment: